rambut berketombe

Ketombe merupakan salah satu permasalahan kulit kepala yang umum terjadi. Memiliki ketombe tak hanya dapat menganggu penampilan tetapi juga dapat merusak rambut dan menyebabkan kerontokan rambut.

Ketombe bisa terjadi akibat beragam penyebab. Beberapa di antaranya karena memiliki kulit yang kering, tidak rajin keramas, memiliki kulit kepala yang sensitif, atau memiliki masalah kulit seperti psoriasis dan eksim.

Masalah ketombe memang cukup sulit untuk diatasi. Penggunaan baking soda (soda kue) bisa membantu mengatasi sebagian masalah ketombe. Baking soda dapat menyerap kelebihan sebum pada kulit kepala dan mencegah terbentuknya serpihan ketombe.

Selain itu, baking soda juga diketahui memiliki sifat antijamur dan dapat menyeimbangkan pH di kulit kepala. Untuk mengatasi masalah ketombe, baking soda bisa digunakan tanpa campuran bahan lain atau bisa juga dicampur dengan beberapa bahan lain. Berikut ini adalah tiga cara menggunakan baking soda untuk mengatasi masalah ketombe, seperti dilansir di laman India.com:

1. Baking soda dan cuka apel

Cuka apel dapat menyeimbangkan sifat basa dari baking soda. Campuran baking soda dan cuka apel dapat menyeimbangkan pH di kulit kepala. Selain itu, cuka apel juga diketahui memiliki sifat antijamur yang dapat membantu mengatasi ketombe.

Untuk membuatnya, masukkan dua sendok teh baking soda dan tiga sendok makan cuka apel ke dalam mangkuk. Aduk hingga rata lalu aplikasikan ke kulit kepala. Pijat lembut kepala selama dua menit, lalu bilas kepala dan rambut dengan air dingin. Lakukan hal ini dua kali sepekan untuk mendapatkan hasil.

2. Baking soda dan sari lemon

Sari lemon kaya akan citamin C dan memiliki sifat astringen dan sifat antijamur yang kuat. Sifat ini dapat membantu menyingkirkan ketombe.

Untuk menggunakannya, campurkan dua sendok makan sari lemon dengan 1,5 sendok teh baking soda ke dalam mangkuk. Aduk hingga mendapatkan tekstur seperti adonan yang tipis. Aplikasikan di kulit kepala dan beri pijatan selama dua menit lalu bilas dengan air dingin. Ulangi dua kali sepekan.

3. Baking soda dan minyak zaitun

Minyak zaitun dapat mengunci kelembapan kelembapan di kulit kepala. Campuran baking soda dan minyak zaitun juga bisa ditambahkan dengan kuning telur untuk menunjang pertumbuhan rambut.

Masukkan kuning telur, satu sendok makan minyak zaitun hangat, dan satu sendok makan baking soda ke dalam mangkuk dan aduk rata. Aplikasikan ke kulit kepala dan diamkan selama 20 menit, setelah itu bilas dengan air dingin. Lakukan dua kali sepekan untuk mendapatkan hasil maksimal.