Ketombe merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Tak jarang anak kecil pun mengalaminya. Bagaimana cara yang ampuh untuk menghilangkan ketombe?

Meski tidak menular dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan yang serius, ketombe seringkali muncul dengan diiringi rasa gatal sehingga menimbulkan rasa tidak nyamanan. Bahkan, dalan kondisi tertentu ketombe bisa membuat Anda menjadi kurang percaya diri dan merasa malu.

Umumnya, saat merasa gatal, seseorang yang memiliki ketombe akan secara reflek menggaruknya. Padahal, menggaruk kulit kepala ketika sedang mengalami ketombe sebaiknya dihindari karena dapat mengakibatkan iritasi. Untuk membuang ketombe dari rambut akan lebih baik jika menggunakan sisir sebelum keramas.

Lalu apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi ketombe? Simak jawabannya di bawah berikut ini.

Ketombe adalah serpihan kulit kepala berwarna putih keabu-abuan atau kekuningan. Ketombe akan muncul ketika terjadi pengelupasan sel kulit mati pada kulit kepala. Munculnya ketombe juga terkadang dibarengi dengan beberapa gejala lain seperti gatal atau kulit kepala yang kering.

ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko munculnya ketombe seperti kulit kepala dan rambut yang kotor, kulit kepala kering, produk perawatan rambut yang tidak cocok, dan infeksi jamur.

Salah satu penyebab ketombe yang paling sering dialami adalah penyakit kulit Dermatitis Seboroik. Masalah kulit ini memiliki gejala kulit kepala yang memerah serta berminyak, dan munculnya serpihan kulit kepala berwarna putih kekuningan.

Tak hanya pada kepala, Dermatitis Seboroik juga bisa melanda bagian tubuh lainnya yang memiliki banyak kelenjar minyak.

Ketombe sebenarnya tidak berbahaya, namun untuk beberapa kasus ditemukan keterkaitan antara penyakit saraf dan produksi ketombe yang berlebihan. Pengidap penyakit HIV atau daya tahan tubuh yang buruk juga kemungkinan akan mengalami ketombe berlebih.

1. Rajin Keramas

Keramas

Membersihkan kulit kepala dengan menggunakan sampo dapat mengurangi minyak dan membersihkan sel kulit mati. Untuk kasus ketombe yang ringan, cara yang paling mudah adalah rajin mencuci rambut atau keramas.

Parents juga bisa mengunakan sampo khusus anti ketombe, misalnya sampo yang mengandung Zinc, sampo berbasis Tar, sampo dengan asam salisilat, dan sampo selenium sulfit.

Namun perlu waktu untuk melihat terlebih dahulu mana bahan yang cocok untuk mengatasi masalah ketombe Parents.

Hindari mencuci rambut terlalu sering karena dapat menghilangkan minyak alami yang ada di kulit kepala. Hal ini akan menyebabkan kulit kepala jadi kering dan ketombe semakin parah. Setelah keramas, beri jarak waktu satu atau dua hari sebelum keramas lagi

2. Kurangi Konsumsi Karbohidrat dan Gula

Pola makan bisa saja berpengaruh pada produksi ketombe dan masalah pada rambut lainnya, kekurangan nutrisi juga bisa mengakibatkan terjadinya ketombe.

makanan tinggi karbohidrat dapat menghasilkan penumpukan glikogen di kulit. Glikogen adalah makanan jamur, sehingga menyebabkan jamur tumbuh subur di permukaan kulit dan menyebabkan ketombe.

Makanan yang terbuat dari susu dan pemanis juga bisa menstimulasi kelenjar sebaceous sehingga produksi minyak alami kulit menjadi berlebih.

Oleh karena itu untuk mengatasi ketombe yang berlebih, sebaiknya kurangi asupan karbohidrat dan gula pada makanan Parents.

3. Menggunakan Tea Tree Oil

Minyak alami ini dapat mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe sekaligus mengurangi rasa gatal.

Tea Tree Oil adalah bahan yang efektif untuk membantu memerangi bakteri dan jamur. Selain itu minyak esensial ini juga bagus digunakan untuk kulit yang sensitif.

Cara untuk menghilangkan ketombe dengan menggunakan Tea Tree Oil adalah mencampurkannya ke dalam sampo dan keramas seperti biasa.

4. Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Cuka Apel

Cuka apel mengandung senyawa antimikroba dan antiinflamasi sehingga dapat digunakan untuk mengatasi ketombe. Mengutip dari Merdeka, keasaman dari cuka apel dapat membantu menyesuaikan pH alami kulit kepala untuk mengoptimalkan pengelupasan kulit mati dan kotoran.

Meskipun begitu, penggunaan cuka apel untuk kulit kepala ini harus dilakukan dengan hati-hati. Jika dipakai secara berlebihan, sifat asamnya dapat mengeringkan rambut dan menimbulkan kerusakan.

Mengusapkan cuka apel langsung ke kulit kepala juga bisa menyebabkan iritasi hingga luka bakar ringan. Oleh karena itu, larutkan terlebih dahulu cuka apel di dalam air baru kemudian gunakan untuk membilas kulit kepala dan rambut.

Nah, itu dia cara yang ampuh untuk menghilangkan ketombe dengan mudah.