Bagi sebagian orang, mandi di malam hari adalah hal yang biasa. Terlebih jika ia memiliki aktivitas harian yang padat, dan baru memiliki kesempatan untuk membersihkan tubuhnya di malam hari. Tapi tahukan Anda, bahwa mandi di malam hari dapat membawa berbagai dampak buruk bagi kesehatan?

Anda pasti sudah familiar dengan larangan mandi di malam hari, terutama mandi dengan air dingin, dari orang tua atau saudara-saudara yang lebih tua. Biasanya, orang tua melarang anaknya mandi di malam hari dengan alasan agar si anak tidak terkena rematik atau asam urat dini.

Lalu apakah hal tersebut ada kaitannya dan benar adanya? Ternyata bahaya mandi di malam hari memang mencakup alasan-alasan tersebut. Dalam artikel ini, akan dibahas 5 alasan bahaya mandi di malam hari bagi kesehatan tubuh Anda.

1. Dapat Picu Rematik

ilustrasi rematik

Bahaya mandi di malam hari yang pertama dapat memicu tubuh terserang rematik. Rematik adalah penyakit autoimun, penyakit yang akan terjadi pada peradangan sendi, sehingga seseorang yang terkena penyakit ini akan merasakan sakit pada sendi yang terkena.

Penyebab utama rematik sendiri tidak begitu jelas, tetapi menurut para ahli kesehatan penyakit ini disebabkan oleh kelainan genetik yang menyerang orang-orang yang produktif. Gejala rematik adalah sebagai berikut:

  • Nyeri pada persendian
  • Daerah persendian terasa hangat saat disentuh
  • Sendi kaku di pagi hari
  • Ada warna kemerahan di bagian sendi
  • Penurunan fungsi sendi yang terkena

Penyakit ini tergolong tidak berbahaya, tetapi jika ada gejala rematik maka segera hubungi dokter. Dan jika Anda penderita rematik jika harus mandi di malam hari, maka gunakan air hangat. Karena air dingin dapat memperburuk penyakit Anda.

2. Dapat Sebabkan Penuaan Dini

dini

Bahaya mandi di malam hari yang kedua dapat menyebabkan percepatan proses penuaan pada kulit, membuat Anda mengalami penuaan dini. Sebagian orang memiliki kondisi tubuh dan kulit yang tidak kuat menerima stimulasi air dingin yang terjadi ketika ia mandi di malam hari.

Hal ini akan menghasilkan peningkatan metabolisme. Untuk itu tubuh membutuhkan pasokan kalori dan oksigen yang cukup tinggi untuk menstabilkannya.

3. Dapat Picu Asam Urat

urat

Bahaya mandi di malam hari yang ketiga dapat memicu timbulnya asam urat. Penyakit ini akan terjadi karena konsumsi zat purin yang besar dalam tubuh sehingga kadar asam urat dalam tubuh akan meningkat. Dan itu dapat menyebabkan ginjal yang tidak mampu menampung atau membuang zat tersebut.

Meski asam urat seringnya menimpa lansia, namun tidak menutup kemungkinan bagi anak muda untuk terserang olehnya. Hal ini karena air dingin pada malam hari dapat menyebabkan sendi terasa nyeri dan meradang. Hal ini juga berakibat pada perubahan komposisi cairan sendi.

Penyakit asam urat selain menyebabkan rasa nyeri tak tertahankan juga menyebabkan pembengkakan dan rasa panas pada area persendian. Asam urat biasanya berisiko menyerang jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

4. Dapat Timbulkan Demam dan Flu

004 destriyana

Bahaya mandi di malam hari yang keempat dapat menimbulkan demam dan flu. Hal ini terutama akan terjadi ketika Anda mandi menggunakan air dingin. Suhu tubuh yang masih panas sehabis beraktivitas seharian, ketika disiram dengan air dingin pada malam hari dapat Hal ini disebabkan air dingin yang meresap ke pori-pori dan bercampur suhu panas tubuh.

Air dingin yang meresap inilah yang nantinya akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun, mengganggu kestabilan suhu tubuh dan menyebabkan demam serta flu. Malam adalah waktu bagi tubuh untuk beristirahat, jadi sebaiknya hindari mandi air dingin pada malam hari.

5. Dapat Mengganggu Metabolisme

ilustrasi sakit perut

Bahaya mandi di malam hari yang kelima dapat mengganggu proses metabolisme tubuh. Ketika Anda mandi di malam hari, Anda harus berhati-hati karena hal ini dapat mengganggu metabolisme tubuh.

Metabolisme adalah bagian penting dari penguraian nutrisi makanan menjadi energi untuk tubuh. Jika metabolisme terganggu, maka produksi energi yang dibutuhkan tubuh pun menjadi tidak terpenuhi.

Ini dikarenakan ketika malam hari, kondisi tubuh cenderung sudah mulai melemah, menurun dan perlu istirahat. Jika Anda mandi di malam hari dan pori-pori kulit terbuka, maka air akan masuk ke tubuh dan menyebabkan gangguan pada hormon tubuh dan berpengaruh ke metabolisme Anda.