Rumah minimalis menjadi hunian favorit yang sederhana namun elegan. Selain mengurangi barang atau furniture, rumah minimalis mengedepankan kebutuhan dan fungsi ruangan.

Banyak orang memilih hidup minimalis untuk mencapai keharmonisan dan keuntungan ekonomi. Nancy J. Ruddy, co-founder dan direktur eksekutif desain interior di CetraRuddy di New York mengatakan, selain tuntutan ekonomi, orang mulai sadar bahwa kualitas lebih penting dari kuantitas.

“Kecenderungan menuju kesederhanaan dapat dilihat di masyarakat kita,” ujar Ruddy, dikutip dari Mansion Global.

Sedangkan kata desainer Jeffrey Beers dari Jeffrey Beers International Design, banyak kliennya yang meminta desain minimalis karena punya koleksi seni. Design minimalis memang dikaitkan dengan lukisan, fotografi, dan ukiran.

Orang-orang mulai merasa bertanggung jawab dengan efek negatif yang merusak lingkungan,” tutur Beers.

Rumah minimalis bisa diterapkan di rumah dengan bentuk yang besar maupun kecil. Bahkan banyak ide unik desain rumah minimalis, Bun. Melansir dari Decoratoo,

berikut 5 desain rumah minimalis kecil yang bisa diterapkan di lahan terbatas

1. Natural

Rumah minimalis dengan konsep natural biasanya dibangun dengan bahan utama kayu. Tak hanya terlihat alami, konsep ini juga ramah lingkungan. Bun.

Rumah minimalis natural

2. Futuristik

Desain futuristik bisa menjadi ide dalam membangun rumah minimalis. Ide ini bagus dan unik untuk diterapkan.

 

Rumah minimalis futuristik

3. Rumah karavan

Hippie modern yang menyukai gaya bohemian dapat memilih rumah karavan. Tidak hanya sederhana dan minimalis, tetapi juga memperlihatkan kebebasan. Rumah karavan mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Rumah minimalis karavan

4. Rumah kontainer

Rumah kontainer bisa menjadi tempat yang bagus untuk tinggal. Konsepnya tampak unik dan keren. Pemilihan konsep rumah kontainer juga akan membuat nunasa di dalam ruangan jadi lebih hidup. Konsep ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan tempat tinggal di masa depan.

Rumah minimalis kontainer

5. Rumah dengan ruang sempit

Salah satu yang paling menjadi perhatian dari rumah minimalis adalah ketersediaan ruang yang kecil. Semua ruangan harus berfungsi dengan baik dan kita harus kreatif dalam mendesainnya.

Sehingga tak membuat ruangan yang sempit terlihat sumpek. Solusinya bisa dengan memilih barang-barang tepat guna, agar tak membuat gerakan penghuninya makin terbatas.

Rumah minimalis dengan ruang sempit