Apel merupakan salah satu buah yang menjadi favorit banyak orang. Banyak orang yang menyukai apel karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Selain itu, apel sangat sehat jika dikonsumsi secara teratur.

Tidak hanya dalam bentuk buahnya, namun apel bisa dikonsumsi dalam bentuk olahan yang lain, seperti jus apel, selai apel, kripik apel, kue apel, dan masih banyak lagi. Segala makanan dan minuman dari olahan apel biasanya cocok untuk segala suasana.

Selain rasanya yang enak, banyak orang yang mengonsumsi apel karena dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan ada pepatah yang mengatakan “Satu buah apel setiap hari akan menjauhkan Anda dari dokter”.

Jadi apa saja sih sebenarnya manfaat buah apel untuk kesehatan? Berikut ulasannya, dilansir dari berbagai sumber:

1. Penuh dengan Nutrisi

5 manfaat apel bagi kesehatan tubuh

Apel mengandung banyak vitamin dan nutrisi di dalamnya. Apel mengandung kalori, karbohidrat, serat, vitamin C, kalium, vitamin K, mangan, tembaga, dan vitamin A, E, B1, B2, dan B6.

Apel juga kaya akan sumber polifenol. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari apel, dianjurkan untuk memakan buah apel bersama kulitnya karena mengandung setengah serat dan banyak polifenol.

2. Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Dalam sebuah penelitian, orang yang makan buah apel sebelum makan akan merasa lebih kenyang daripada mereka yang mengonsumsi saus apel, jus apel, atau tanpa produk apel.

Para peneliti mengatakan bahwa apel lebih mengenyangkan karena kurang padat energi, namun tetap menghasilkan serat dan volume. Selain itu, beberapa senyawa alami di dalamnya dapat meningkatkan berat badan namun secara terkontrol.

Sebuah studi juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen apel dan konsentrat jus apel kehilangan lebih banyak berat badan dan memiliki kadar kolesterol LDL, trigliserida, dan kolesterol total yang lebih rendah daripada yang tidak mengonsumsi.

3. Baik untuk Kesehatan Jantung

5 manfaat apel bagi kesehatan tubuh

Apel bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Salah satu alasannya adalah karena apel mengandung serat larut, yaitu jenis serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah Anda.

Mereka juga mengandung polifenol, yang memiliki efek antioksidan. Antioksidan ini banyak terkonsentrasi di kulitnya. Salah satu polifenol ini adalah flavonoid epicatechin, yang dapat menurunkan tekanan darah.

Flavonoid dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah, mengurangi oksidasi LDL “buruk“, dan bertindak sebagai antioksidan.

4. Menurunkan Risiko Diabetes

Apel juga bermanfaat untuk menurunkan risiko diabetes, khususnya diabetes tipe 2.

Makan apel sehari dapat menurunkan 28% risiko diabetes tipe 2 dibandingkan dengan tidak makan apel sama sekali. Bahkan makan hanya beberapa apel per minggu memiliki efek perlindungan yang sama.

Hal ini karena zat polifenol dalam apel yang membantu mencegah kerusakan jaringan sel beta di pankreas Anda. Sel beta menghasilkan insulin dalam tubuh Anda dan sering rusak pada orang dengan diabetes tipe 2.

5. Sebagai Prebiotik untuk Bakteri Baik dalam Usus

5 manfaat apel bagi kesehatan tubuh

Apel mengandung pektin, sejenis serat yang berfungsi sebagai prebiotik. Apel akan memelihara bakteri baik di usus Anda.

Usus kecil Anda tidak menyerap serat selama pencernaan. Sebaliknya, serat akan dicerna ke usus besar Anda, di mana hal ini dapat membuat pertumbuhan bakteri baik meningkat.

Selain itu, apel juga berperan dalam mencegah beberapa penyakit pencernaan seperti obesitas, dan diabetes tipe 2.