Berbuat kebaikan dapat Anda lakukan kapan saja dan dimana saja. Anda juga bisa melakukan kebaikan tersebut dengan banyak orang. Tindakan yang bisa Anda lakukan cukup sederhana, salah satunya yaitu dengan banyak menebar salam kepada siapapun yang Anda lewati. Di samping itu, masih banyak tindakan lain yang bisa Anda coba lakukan terhadap orang di sekitar Anda.

 

Inilah Beberapa Cara Berbuat Kebaikan terhadap Sesama

1. Mempersilahkan Orang yang Lebih Tua maupun yang Membutuhkan untuk Duduk

Ketika Anda sedang menaiki kendaraan umum, maka Anda akan menjumpai banyak orang dengan berbagai usia, dari anak-anak hingga orang tua. Apabila saat Anda berada dalam kendaraan, kemudian melihat ada orang tua maupun ibu hamil yang tidak kebagian tempat duduk, Anda dapat mempersilahkannya untuk duduk.

Sebenarnya terkadang pihak petugas telah mempersiapkan tempat khusus bagi orang-orang yang membutuhkan, seperti orang tua dan ibu hamil. Akan tetapi, pada umumnya tempat yang tersedia juga terbatas. Itulah mengapa Anda dapat mempersilahkan mereka untuk duduk di tempat Anda dan bertukar posisi, sehingga Anda yang berdiri.

2. Mengucapkan Terima Kasih Kepada Petugas dan Pengemudi Transportasi Umum

Setiap dari Anda pasti sudah sering menggunakan jasa transportasi umum ketika sedang melakukan kebaikan. Pada saat itu, terdapat salah satu kebaikan kecil yang dapat Anda lakukan dengan mudah, yaitu memberikan ucapan terima kasih kepada pengemudi ataupun orang bertugas.

Hal tersebut juga merupakan ajang untuk berlatih pembiasaan mengucap terima kasih setelah mendapatkan kemudahan karena bantuan pihak lain. Karena seperti yang banyak terjadi, terdapat banyak orang yang sulit untuk berbuat kebaikan yang satu ini.

3. Mengambil Paku, Kaca, maupun Batu yang Ada di Tengah Jalan

Ketika Anda sedang berjalan dan secara kebetulan menjumpai paku, kaca, maupun batu, Anda bisa mengambilnya dan membuangnya di tempat sekiranya aman dan tidak membahayakan orang lain yang nantinya akan melewati jalan tersebut. Tindakan ini bahkan dapat menghindarkan seseorang dari kecelakaan yang mungkin menimpa.

Perilaku ini sepertinya belum banyak dilakukan oleh banyak orang. Untuk itu, Anda bisa memulai kebaikan yang satu ini dari diri pribadi Anda. Dengan demikian, Anda juga bisa menjadi contoh bagi orang lain. Walaupun berupa tindakan yang cukup sederhana, namun sangat membawa dampak yang cukup besar bagi banyak orang. Sebab jalan pasti akan dilewati banyak orang.

4. Menolong Orang Tua dengan Membawakan Barang Ketika sedang Naik Tangga

Di berbagai tempat-tempat keramaian seperti pasar, pasti Anda akan menjumpai orang-orang dari berbagai kalangan dan dari berbagai usia. Untuk itu, ketika Anda menjumpai orang tua yang kebetulan sedang membawa banyak barang belanjaan, Anda bisa menawarkan diri untuk membantu membawakannya.

Bagi Anda hal ini tentu sangat mudah Anda lakukan. Namun bagi mereka yang Anda bantu akan merasa sangat dihargai. Perlu Anda pahami, tindakan tersebut juga dapat juga digunakan sebagai ajang menambah silaturahim dengan banyak orang. Jika Anda telah terbiasa berbuat kebaikan semacam ini, maka lambat laun akan menjadi kebiasaan yang melekat dalam diri Anda.

5. Memastikan Bahwa Toilet Umum yang Anda Pakai Tetap Bersih

Seperti namanya, toilet umum digunakan oleh banyak orang. Setiap dari Anda pasti juga pernah menggunakan fasilitas umum yang satu ini. Ketika Anda menggunakan toilet umum, Anda bisa melakukan tindakan kecil yang cukup membantu pihak pengelola menjaga kebersihan toilet tersebut, yaitu dengan ikut serta menjaga dan merawat kebersihannya.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan berusaha menjaga agar toilet yang Anda gunakan tetap bersih, sehingga nantinya orang lain yang akan memakai fasilitas umum ini tidak akan merasa terganggu dan nyaman dalam menyelesaikan hajatnya. Tentunya Anda juga menginginkan kondisi yang bersih bukan, maka dari itu, tak ada salahnya Anda melakukan kebaikan kecil ini.

6. Membereskan Nampan Makanan Anda Setelah Selesai Makan di Food Court

Bagi Anda yang kerap datang ke food court, pasti Anda kerap menjumpai nampan yang masih berada di meja yang sudah tidak dipakai oleh pelanggan, terutama ketika keadaan tempat makan tersebut sedang ramai. Hal tersebut terjadi karena petugas sibuk melayani pelanggan yang terus berdatangan.

Untuk itu, ketika Anda sedang datang ke sebuah food court dan memesan sejumlah makanan, setelah selesai, Anda bisa langsung membereskan nampan makanan Anda sendiri. Tindakan sederhana ini tentunya sangat membantu pihak petugas. Dengan demikian, sepeninggal Anda, ketika ada orang yang datang, tidak akan terganggu dengan kondisi meja yang belum bersih.

7. Membuang Sampah di Tempat yang Telah Tersedia

Tindakan ini merupakan tindakan berbuat kebaikan yang sangat sederhana. Ketika Anda menerapkan hal ini dalam kehidupan sehari-hari, Anda sama saja telah memberikan keteladanan kepada orang yang ada di sekitar Anda. Apabila ketika Anda mempunyai sampah yang ingin dibuang, namun belum juga menemukan tempat untuk membuangnya, Anda bisa menyimpannya terlebih dahulu.

Anda dapat membuang sampah tersebut hingga tempat sampah bisa Anda jumpai. Hal ini tentu juga menjadi salah satu perilaku yang memudahkan tugas dari mereka yang berperan sebagai petugas kebersihan. Di samping itu, lingkungan juga menjadi bersih karena bebas dari sampah yang berserakan.

Beberapa tindakan tersebut memang sebenarnya merupakan tindakan kecil yang cukup sederhana. Namun, ketika Anda berbuat kebaikan sekecil apapun itu, maka dapat membawa kebaikan yang besar bagi sesama. Bahkan Anda juga bisa memberikan keteladanan bagi orang lain. Anda masih bisa mendapatkan berbagai referensi kebaikan lainnya di https://wecare.id/.