Merasa ada banyak kesalahan dalam kumpulan contoh surat lamaran kerja yang dibuat? Anda dapat memperbaikinya setelah memahami poin-poin berikut ini.

 

Anda memiliki website yang berisikan informasi pendidikan? Isikan konten-kontennya dengan informasi bermanfaat. Sebut saja salah satunya menjelaskan contoh surat lamaran kerja. Namun sebelum dijelaskan secara mendalam, diingatkan untuk membuat kumpulan contoh surat lamaran kerja yang lengkap. Jangan sampai ada bagian-bagian yang tertinggal, sehingga makna pembuatan surat tidak dapat dipahami oleh pembaca.

 

Walaupun telah banyak menulis contoh surat lamaran kerja (), tetap banyak kesalahan yang dilakukan oleh penulis konten. Dampaknya cukup buruk, di mana pelamar mengikuti contoh yang salah. Bahkan terus diikuti oleh generasi berikutnya. Bentuk penyelesaian dari masalah ini adalah mengganti konten atau merubahnya agar lebih lengkap. Tapi sebelumnya, apa saja bagian yang kerap terlupa dan harus dilengkapi segera? Cari tahu jawabannya setelah memahami makna surat lamaran tersebut.

 

Mengenal Surat Lamaran Kerja

 

Banyak pihak yang telah mengartikan surat lamaran kerja di internet. Dari setiap penjelasan tersebut akhirnya dapat disimpulkan bahwa surat lamaran kerja adalah salah satu bentuk surat formal. Surat ditujukan guna mendapatkan pekerjaan dari perusahaan yang menyediakan lowongan. Pada surat lamaran inilah pelamar, menjajakan diri agar perusahaan dapat menerima.

 

Surat lamaran kerja dulu hanya dimanfaatkan untuk pelamar di instansi pemerintah. Namun kini semua perusahaan ataupun instansi, hingga toko membutuhkan surat lamaran kerja. Berkaca akan hal ini, penting untuk calon pelamar mempelajari secara menyeluruh cara membuat surat lamaran kerja. Tapi sayangnya, contoh yang didapat pun tidak memberikan contoh yang baik.

 

7 Kesalahan dalam Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja

 

Saat menjadi penulis konten website khusus contoh surat lamaran kerja, anda perlu memperhatikan beberapa kesalahan ini. Sehingga, surat lamaran yang dibuat adalah surat lamaran yang lengkap,

 

  1. Sumber informasi

 

Dalam membuat surat lamaran kerja, terdapat bagian pembuka. Pada bagian ini anda perlu menjelaskan dari mana sumber informasi lowongan kerja didapat. Sayangnya, kebanyakan contoh surat tidak menyampaikan hal tersebut dan kemudian diikuti oleh banyak pelamar. Akibatnya, banyak surat lamaran yang tidak diterima karena dianggap tidak lengkap.

 

  1. Nama pimpinan (heading h3)

 

Kesalahan lain yang banyak terjadi adalah nama pimpinan yang tidak dimasukkan. Kebanyakan contoh surat lamaran hanya menuliskan jabatan dari pembaca surat. Sebenarnya, lebih baik untuk menuliskan siapa nama pimpinan atau bagian HRD perusahaan. Informasi yang didapat akan menunjukkan bahwa pelamar memiliki antusias untuk bekerja di perusahaan.

 

  1. Kemampuan yang diberikan

 

Bagian lain yang kerap terlewat adalah penjelasan kemampuan yang dimiliki. Surat lamaran kerja dikatakan sebagai metode penjajan diri. Di sinilah anda perlu menyampaikan apa saja kemampuan yang dimiliki dan dapat diberikan pada perusahaan. Jika memang memilikinya, tuliskanlah kemampuan tersebut pada surat sebagai nilai lebih yang dimiliki.

 

  1. Sertifikat pendukung

 

Apakah anda memiliki sertifikat keahlian tertentu? Tidak hanya sebagai berkas tambahan, berkas ini akan mendukung pertimbangan yang diberikan oleh perusahaan. Sayangnya dalam contoh-contoh yang disampaikan tidak dijelaskan bagian sertifikat pendukung. Kebanyakan berkas yang dilampirkan hanya identitas ataupun ijazah terakhir yang dimiliki.

 

  1. Penjelasan Makna Surat Lamaran

 

Tidak baik rasanya jika tidak membahas sesuatu secara general terlebih dahulu. Oleh karenanya, sebagai pembuka artikel sampaikan makna dari surat lamaran kerja. Bagian ini dapat dikatakan sebagai penjelasan pengantar menuju inti informasi. Tambahkan pula beberapa poin pendukung seperti ciri-ciri dalam surat lamaran ataupun jenis surat lamaran yang tersedia.

 

  1. Bagian Struktur Surat

 

Terakhir, anda perlu menjelaskan struktur yang harus dimiliki dalam surat lamaran. Penjelasan tidak perlu disampaikan secara berlebihan. Tujuan utama penjelasan ini adalah pembaca dapat memahami apa saja bagian penting dalam surat. Sehingga setiap surat yang dibuat memiliki struktur yang utuh, serta dapat dijadikan contoh untuk seluruh pembaca artikel.

 

Jadi, sudahkah anda berencana menulis surat lamaran kerja untuk konten? Jika iya, buatlah kumpulan contoh surat lamaran kerja yang berkualitas. Bila diperlukan, manfaatkan contoh-contoh yang ada dalam buku pelajaran. Karena contoh-contoh tersebut telah diseleksi dan jarang dijadikan konten. Hal ini tentu menarik pembaca, karena sajian yang diberikan berbeda dari konten lainnya.