Sampah non organik tentunya harus diolah dengan baik agar tidak membuat lingkungan menjadi kotor dan tercemar. Untuk Anda yang memiliki jenis sampah tersebut, bisa kirim sampah ke layanan waste4change untuk memudahkan proses daur ulang, Berikut ini adalah beberapa fakta menarik mengenai layanan tersebut.

 

Berbagai Fakta Bisa Kirim Sampah di Waste4Change

 

1. Letak yang Strategis

Lokasi dari layanan sampah ini ternyata cukup strategis, Anda bisa mengirimkan sampah dengan berbagai media dan layanan ekspedisi ke Bekasi Timur, Jawa Barat. Di sana sampah yang Anda miliki akan didaur ulang dengan baik, sehingga lingkungan di sekitar rumah dan tempat kerja Anda menjadi lebih bersih.

Layanan ini menerima  berbagai jasa ekspedisi, sehingga Anda tidak perlu khawatir menggunakan jasa ekspedisi atau transportasi apapun. Namun untuk mengirimkan paket, Anda disarankan untuk mengirimkannya ketika hari kerja, sehingga bisa langsung dikelola dengan baik. Jam kerja yang dimilik layanan ini adalah senin sampai Jumat, yang buka dari jam 9 pagi sampai 5 sore.

2. Tentang Program Waste4Change

Anda mungkin belum sering mendengar mengenai gerakan pengelolaan sampah yang satu ini. Ia merupakan layanan yang mengelola sampah non organik agar bisa digunakan kembali untuk di daur ulang. Jika Anda hendak menggunakan layanan jasa yang mereka tawarkan, ada baiknya Anda mengetahui berbagai fakta penting berikut:

  • Anda bebas mengirimkan sampah non organik dalam jumlah besar atau kecil, namun sebaiknya menghubungi kontak yang disediakan oleh layanan ini ketika hendak mengirimkan sampah dalam jumlah besar, sebab tentu ia butuh lebih banyak ruang.
  • Anda bisa kirim sampah ke layanan ini tanpa perlu menggunakan biaya apapun. Apabila tertarik untuk melakukannya, Anda hanya perlu membayar biaya pengiriman secara mandiri, sehingga lebih praktis.
  • Sampah yang diterima oleh layanan ini cukup beragam, mulai dari sampah kaca, plastik ataupun metal, bisa juga kertas yang sudah tidak terpakai. Anda bisa mengirimkan sampah dalam keadaan yang bersih dan kering untuk memudahkan proses daur ulang.

3. Sampah yang Tidak Diterima

Ada beberapa sampah non organic yang tidak diterima oleh layanan pengelolaan sampah ini, diantaranya adalah:

  • Sampah berupa plastik sachet, seperti bungkus mi instan, kopi, serta shampoo. Bungkus snack juga tidak bisa didaur ulang karena dilapisi dengan aluminium, sehingga butuh tenaga ekstra untuk mengolahnya.
  • Sampah plastik jenis refill, misalnya shampoo refill atau sabun refiil.
  • Layanan ini juga tidak bisa mengelola stryrofoam sebab sulit diubah sebagai produk daur ulang yang tepat guna.
  • Tidak bisa kirim sampah B3 ke layanan ini, jenis sampah B3 adalah sampah yang merupakan bahan beracun dan berbahaya. Diantara jenis ini adalah bohlam lampu, baterai, dan masih banyak lagi.
  • Sampah elektronik juga tidak bisa Anda kirimkan ke sana, sebab membutuhkan waktu lama dalam proses daur ulang.
  • Sampah medis juga tidak merupakan sampah yang bisa didaur ulang, sebab memiliki kemungkinan menjadi penyebar berbagai penyakit.

4. Apa yang Terjadi dengan Sampah Non Organik yang Dikirimkan

Untuk Anda yang penasaran dengan sampah yang dikirimkan ke layanan ini, jangan khawatir, setiap sampah yang sudah terseleksi dengan baik akan dikelola. Untuk Anda yang ingin membantu mengurangi sampah anorganik, anda bisa membuatnya menjadi kerajinan tangan untuk diberdayakan. Tentunya kerajinan yang dibuat sesuai standar, sehingga bisa memiliki nilai jual yang baik.

Sampah yang Anda kirimkan akan dikelola sesuai dengan jenis dan bahan yang menyusunnya. Nantinya sampah yang sudah dikelola akan disalurkan di berbagai tempat yang menerima sampah tersebut sebagai media daur ulang yang membantu proses produksi.

5. Alasan Hanya Menerima Sampah Anorganik

Mungkin Anda penasaran kenapa hanya sampah anorganik yang bisa dikirimkan kepada layanan ini. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor penting, diantaranya:

  • Faktor higienis dan kebersihan, merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, tidak hanya untuk proses daur ulang namun juga proses seleksi.
  • Untuk mengolah sampah tersebut, tentunya diperlukan peralatan yang memadai, namun secara riil peralatan yang dibutuhkan masih terbatas.

Karena itulah, penting untuk mengirimkan sampah yang sudah bersih sehingga proses pengiriman tidak terhambat. Anda disarankan untuk mencucinya terlebih dahulu dan membuatnya kering, sehingga tidak sulit untuk diolah dan dikelola.

6. Cara Agar Sampah Organik Bisa Didaur Ulang

Tidak hanya bisa kirim sampah anorganik, Anda juga bisa mengirimkan sampah organik untuk wilayah tertentu saja. Penerimaan sampah organik hanya disediakan untuk perumahan dan perkantoran, bukan untuk bidang lain. Terdapat dua program yang saat ini sedang dijalankan, yakni residential waste collection serta zero waste landfill.

Dengan kedua program tersebut, diharapkan sampah dapat didaur ulang dengan baik tanpa adanya kesulitan yang berarti. Namun untuk menggunakan 2 program tersebut, Anda akan dikenai biaya tambahan dan beberapa syarat, sehingga hanya yang memenuhi saja yang bisa menggunakan jasanya.

7. Pengolahan Sampah Anorganik

Untuk sampah anorganik, Anda tidak perlu khawatir karena akan dipilih dan diklasifikasi sesuai dengan kebutuhan. Untuk proses pengelolaannya, setelah diklasifikasi akan didistribusikan kepada mitra daur ulang yang terpercaya, sehingga proses daur ulang dapat dilakukan dengan cara yang maksimal.

Demikianlah berbagai informasi terkait dengan proyek yang dikembangkan oleh Waste4Change sebagai layanan bisa kirim sampah untuk dikelola. Untuk mengembangkan dan membantu program yang mereka miliki, Anda bisa turut serta untuk memberikan donasi, sehingga setiap program dapat berjalan dengan lebih baik.