Tue. Jul 16th, 2024

Memulihkan Kontak yang Hilang di WhatsApp

Hello Sobat Fakta Raya! Kamu pasti pernah mengalami hal yang menjengkelkan saat kontak WhatsApp tiba-tiba hilang, kan? Mungkin itu terjadi karena kamu baru saja mengganti nomor atau mengalami masalah teknis. Tidak perlu khawatir, di artikel ini, saya akan memberikan panduan tentang cara kembalikan kontak WA yang hilang. Yuk, simak selengkapnya!

1. Sinkronisasi Akun Google

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan sinkronisasi akun Google. Caranya adalah sebagai berikut:1. Buka menu Pengaturan pada ponselmu.2. Pilih Akun.3. Lihat apakah akun Googlemu terdaftar di sana. Jika belum, tambahkan akun Google terlebih dahulu.4. Setelah itu, pilih opsi Sinkronisasi Akun.5. Pastikan opsi Kontak tercentang.Dengan melakukan sinkronisasi akun Google, kontak WhatsApp yang hilang akan kembali muncul.

2. Cek Riwayat Chat

Jika tidak berhasil dengan cara pertama, kamu bisa mengecek riwayat chat di WhatsApp. Mungkin saja nomor yang hilang hanya tersembunyi di antara chat lama. Caranya adalah sebagai berikut:1. Buka WhatsApp.2. Pilih opsi Tiga Titik di sudut kanan atas.3. Pilih Setelan.4. Pilih Opzioni Chat.5. Pilih opsi Nascondi chat archiviati.6. Lihat apakah nomor yang hilang ada di sana.7. Jika kamu menemukannya, cukup tekan dan tahan nomor tersebut, lalu pilih opsi Keluarkan dari Arsip.Dengan cara ini, kamu bisa mengembalikan nomor yang hilang dengan mudah.

3. Aktifkan Sinkronisasi Kontak WhatsApp

Jika cara kedua tidak berhasil, aktifkan sinkronisasi kontak WhatsApp pada ponselmu. Caranya adalah sebagai berikut:1. Buka WhatsApp.2. Pilih opsi Tiga Titik di sudut kanan atas.3. Pilih Setelan.4. Pilih Akun.5. Aktifkan opsi Sinkronisasi Kontak.Setelah itu, nomor yang hilang akan muncul kembali pada daftar kontak WhatsAppmu.

4. Cek WhatsApp Web

Jika kamu menggunakan WhatsApp Web, kamu bisa mencoba untuk mengecek apakah nomor yang hilang muncul di sana. Caranya adalah sebagai berikut:1. Buka WhatsApp Web.2. Cek apakah nomor yang hilang muncul pada daftar kontak.3. Jika kamu menemukannya, cukup tekan dan tahan nomor tersebut, lalu pilih opsi Keluarkan dari Arsip.Dengan cara ini, nomor yang hilang akan kembali muncul pada daftar kontak WhatsAppmu.

5. Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data

Jika semua cara di atas tidak berhasil, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan, seperti Recuva atau EaseUS Data Recovery Wizard. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:1. Install aplikasi pemulihan data di ponselmu.2. Buka aplikasi tersebut.3. Pilih opsi Pemulihan Kontak.4. Tunggu hingga proses pemulihan selesai.Dengan menggunakan aplikasi pemulihan data, kamu bisa mendapatkan kembali nomor yang hilang dengan mudah.

Kesimpulan

Nah, itu tadi adalah lima cara mudah untuk kembalikan kontak WA yang hilang. Pastikan kamu selalu melakukan backup kontak secara berkala agar tidak kehilangan nomor yang penting. Jangan lupa, jika kamu mengalami masalah lain di WhatsApp, selalu coba mencari solusi terlebih dahulu sebelum meminta bantuan dari orang lain. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam mengatasi masalah kontak WhatsApp yang hilang. Terima kasih sudah membaca!