Cara Memulihkan Kontak yang Hilang di WhatsApp

Mengapa Kontak di WhatsApp Hilang?

Hello Sobat Fakta Raya! Siapa yang tidak pernah mengalami kehilangan kontak di WhatsApp? Hal ini bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti pergantian nomor telepon, penghapusan akun WhatsApp, atau masalah teknis pada perangkat. Apapun penyebabnya, kehilangan kontak di WhatsApp tentu saja sangat menyebalkan, terutama jika Anda kehilangan kontak penting seperti teman, keluarga, atau rekan bisnis. Tidak perlu khawatir, dalam artikel ini, kami akan berbagi dengan Anda cara memulihkan kontak yang hilang di WhatsApp.

Cara Memulihkan Kontak yang Hilang di WhatsApp

Pertama-tama, pastikan Anda sudah memeriksa semua folder dan label di aplikasi kontak di ponsel Anda untuk memastikan bahwa kontak tersebut benar-benar hilang. Jika Anda tetap tidak dapat menemukannya, maka Anda bisa mencoba cara-cara berikut ini:

1. Memeriksa nomor telepon

Periksa nomor telepon kontak tersebut. Jika nomor telepon tersebut telah berganti, Anda perlu memperbarui nomor telepon kontak tersebut di daftar kontak ponsel Anda.

2. Mencari kontak di WhatsApp

Buka aplikasi WhatsApp dan ketuk ikon “Pesan Baru”. Cari nama kontak yang hilang di kolom pencarian. Jika kontak tersebut masih memiliki akun WhatsApp, Anda akan menemukannya di sana.

3. Memulihkan kontak dari cadangan

Jika Anda telah membuat cadangan data WhatsApp sebelumnya, maka Anda bisa memulihkan kontak tersebut dari cadangan tersebut. Caranya, buka WhatsApp, masuk ke Pengaturan, pilih Chat, kemudian pilih Chat Backup. Di sini, Anda bisa melihat kapan terakhir cadangan data WhatsApp dibuat. Jika cadangan data yang ingin Anda pulihkan lebih baru dari tanggal tersebut, Anda bisa menghapus aplikasi WhatsApp dari ponsel Anda, kemudian menginstal ulang aplikasi tersebut dan mengikuti petunjuk untuk memulihkan data WhatsApp dari cadangan.

4. Memulihkan kontak dari Google Drive

Jika Anda menggunakan akun Google untuk backup WhatsApp, maka Anda bisa memulihkan kontak dari Google Drive. Caranya, buka WhatsApp, masuk ke Pengaturan, pilih Chat, kemudian pilih Chat Backup. Di sini, ketuk “Back Up Now” untuk membuat backup terbaru. Jika kontak yang hilang masih belum muncul, ketuk “Restore” dan ikuti petunjuk untuk memulihkan data dari Google Drive.

5. Menghubungi Customer Service WhatsApp

Jika semua cara di atas tidak berhasil, maka Anda bisa menghubungi Customer Service WhatsApp. Sampaikan masalah Anda dan berikan informasi yang dibutuhkan, seperti nomor telepon dan nama kontak yang hilang. Pihak WhatsApp akan membantu Anda mencari solusi terbaik untuk masalah Anda.

Kesimpulan

Kehilangan kontak di WhatsApp bisa terjadi pada siapa saja. Namun, dengan cara-cara di atas, Anda tidak perlu khawatir lagi jika hal tersebut terjadi pada Anda. Pastikan Anda memeriksa nomor telepon, mencari di aplikasi WhatsApp, memulihkan dari cadangan atau Google Drive, dan menghubungi Customer Service WhatsApp jika semua cara sebelumnya tidak berhasil. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, Sobat Fakta Raya!