Tue. Jul 16th, 2024

Hello, Sobat Fakta Raya! Apakah kamu pernah menghapus kontak penting di ponselmu dan merasa menyesal setelahnya? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini kita akan membahas cara memulihkan kontak yang sudah dihapus. Tidak perlu panik lagi ketika kamu kehilangan kontak penting, karena dengan tips yang akan dibahas nanti, kamu bisa kembali mendapatkannya.

1. Cek Folder Sampah di Ponselmu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek apakah kontak yang hilang ada di folder sampah di ponselmu. Folder sampah biasanya menyimpan data yang terhapus dalam jangka waktu tertentu sebelum benar-benar terhapus secara permanen. Caranya, buka aplikasi kontak di ponselmu, lalu cek apakah ada folder sampah di dalamnya. Jika ada, kamu bisa mencari kontak yang hilang di sana.

2. Gunakan Backup Kontak di Google

Google menyediakan fitur backup dan sinkronisasi kontak yang bisa digunakan untuk memulihkan kontak yang sudah dihapus. Caranya, buka aplikasi Kontak di ponselmu, lalu masuk ke pengaturan kontak. Di sana, kamu akan menemukan opsi backup dan sinkronisasi. Pastikan opsi ini sudah diaktifkan sebelumnya. Jika sudah, kamu bisa mencari kontak yang hilang di akun Googlemu.

3. Gunakan Aplikasi Pemulihan Kontak

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi pemulihan kontak. Ada banyak aplikasi di Play Store yang bisa membantu kamu memulihkan kontak yang sudah dihapus. Beberapa aplikasi yang bisa kamu coba antara lain DiskDigger, GT Recovery, atau EaseUS MobiSaver. Namun, pastikan untuk menggunakan aplikasi yang terpercaya dan tidak merusak data di ponselmu.

4. Gunakan Layanan Pemulihan Data Profesional

Bagi kamu yang tidak ingin repot-repot mencari kontak yang hilang sendiri, kamu bisa menggunakan layanan pemulihan data profesional. Layanan ini biasanya dapat membantu kamu memulihkan data di ponselmu yang hilang atau terhapus. Namun, kamu harus siap merogoh kocek yang cukup dalam untuk menggunakan layanan ini. Pastikan kamu memilih layanan yang terpercaya dan memiliki review positif dari pengguna sebelumnya.

5. Lakukan Backup Data Secara Rutin

Langkah terbaik untuk menghindari kehilangan kontak penting adalah dengan melakukan backup data secara rutin. Dengan melakukan backup, kamu dapat memastikan semua data penting di ponselmu aman dan terlindungi. Kamu bisa menggunakan layanan backup di ponselmu atau aplikasi backup data dari pihak ketiga. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir lagi jika suatu saat kehilangan kontak penting di ponselmu.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika ingin memulihkan kontak yang sudah dihapus di ponselmu. Mulai dari mengecek folder sampah, menggunakan backup kontak di Google, aplikasi pemulihan kontak, hingga layanan pemulihan data profesional. Namun, yang terbaik adalah dengan melakukan backup data secara rutin untuk menghindari kehilangan data penting di ponselmu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, Sobat Fakta Raya!