Thu. Jul 18th, 2024

Hello Sobat Fakta Raya! Apakah kamu pernah mengalami kejadian dimana kontak penting kamu di hapus secara tidak sengaja? Hal ini tentu sangat menyebalkan apalagi jika kamu membutuhkan nomor tersebut dalam waktu dekat. Jangan khawatir, dalam artikel ini kita akan membahas cara-cara untuk memulihkan kontak yang sudah terhapus. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

1. Cek Kembali Aplikasi Kontak

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika kontak sudah terhapus adalah dengan mengecek kembali aplikasi kontakmu. Beberapa kali kita seringkali menghapus kontak secara tidak sengaja karena adanya kesalahan dalam pengoperasian aplikasi. Jadi, pastikan kamu sudah mencoba untuk mengecek kembali aplikasi kontakmu apakah kontak yang dihapus ada di sana atau tidak.

2. Gunakan Google Account

Jika kamu menggunakan Google Contact, maka kamu bisa mencoba menggunakan fitur Google Account untuk memulihkan kontak yang sudah terhapus. Caranya dengan membuka akun Google yang kamu miliki dan masuk ke bagian “Contacts”. Di bagian bawah kontak, kamu bisa memilih “More” dan pilih “Undo Changes”. Dengan begitu, kontak yang terhapus akan kembali lagi ke aplikasi kontakmu.

3. Gunakan Aplikasi Recovery Kontak

Ada banyak aplikasi recovery kontak yang bisa kamu gunakan untuk memulihkan kontak yang sudah terhapus. Salah satu aplikasi tersebut adalah Contact Recovery. Kamu bisa mencarinya di Playstore atau Appstore. Setelah diunduh, kamu bisa mengikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi untuk memulihkan kontak yang sudah terhapus.

4. Langsung ke Provider

Jika kamu merasa kesulitan dalam memulihkan kontak yang sudah terhapus, kamu bisa langsung menghubungi provider yang kamu gunakan untuk meminta bantuan. Biasanya provider akan memberikan solusi yang tepat dan membantumu untuk memulihkan kontak yang sudah terhapus.

5. Backup Kontak Secara Berkala

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kejadian seperti ini adalah dengan melakukan backup kontak secara berkala. Kamu bisa melakukan backup kontak ke akun Google atau ke aplikasi lainnya. Dengan begitu, jika suatu saat kontakmu terhapus, kamu tinggal restore dari backup yang sudah kamu buat.

Kesimpulan

Menghapus kontak secara tidak sengaja memang sangat menyebalkan, apalagi jika kontak tersebut sangat penting. Namun, jangan khawatir karena masih ada cara untuk memulihkan kontak yang sudah terhapus. Kamu bisa mencoba beberapa cara di atas untuk memulihkan kontakmu. Namun, yang terpenting adalah dengan melakukan backup kontak secara berkala untuk menghindari kejadian seperti ini di kemudian hari. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantumu untuk memulihkan kontak yang sudah terhapus. Terima kasih telah membacanya, Sobat Fakta Raya!