Tue. Jul 16th, 2024

Hello, Sobat Fakta Raya! Apakah kamu pernah mengalami kehilangan kontak di WhatsApp? Mungkin kamu bingung bagaimana cara mencarinya kembali. Jangan khawatir, dalam artikel ini kita akan membahas caranya secara lengkap. Yuk, simak!

1. Cek Kontak WhatsApp di Ponsel

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan apakah kontak yang hilang sudah ada di daftar kontak ponselmu atau belum. Buka aplikasi kontak di ponselmu dan cek apakah kontak yang hilang sudah terdaftar atau belum. Jika sudah ada, coba refresh kontak di WhatsApp dengan cara menggesek layar dari atas ke bawah pada halaman Chats.

2. Gunakan Fitur Kembalikan Kontak WhatsApp

Jika kamu sudah mencoba langkah pertama dan kontak yang hilang masih belum muncul, kamu bisa mencoba menggunakan fitur kembalikan kontak WhatsApp. Fitur ini tersedia di aplikasi WhatsApp versi terbaru. Caranya cukup mudah, buka aplikasi WhatsApp dan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke halaman Setelan (Settings).
  2. Pilih opsi Akun (Account).
  3. Klik opsi Kembalikan (Restore).
  4. Ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses kembalikan kontak.

3. Cari Kontak Melalui Grup WhatsApp

Jika langkah-langkah sebelumnya belum berhasil, kamu bisa mencoba mencari kontak melalui grup WhatsApp. Jika kontak yang hilang pernah menjadi anggota grup, maka kontak tersebut masih terdaftar di grup tersebut. Kamu bisa meminta bantuan anggota grup untuk melihat atau mencari kontak yang hilang.

4. Cek Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk mencari kontak yang hilang di WhatsApp, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti WCleaner. Aplikasi ini dapat membersihkan file-file yang tidak diperlukan di WhatsApp, termasuk kontak yang hilang. Setelah membersihkan file-file tersebut, coba refresh kontak di WhatsApp untuk melihat apakah kontak yang hilang sudah muncul.

5. Gunakan Fitur Pencarian WhatsApp

Jika kamu belum menemukan kontak yang hilang, kamu bisa mencoba menggunakan fitur pencarian WhatsApp. Caranya cukup mudah, buka aplikasi WhatsApp dan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka halaman Chats dan klik opsi Pencarian (Search).
  2. Masukkan nama lengkap atau nomor telepon dari kontak yang hilang.
  3. WhatsApp akan mencari dan menampilkan kontak yang sesuai dengan kata kunci yang kamu masukkan.

6. Cek Aplikasi Kontak Pihak Ketiga

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah cek aplikasi kontak pihak ketiga yang terhubung dengan WhatsApp. Jika kontak yang hilang terdaftar di aplikasi tersebut, kamu bisa memperbarui informasi kontak tersebut dan coba refresh kontak di WhatsApp untuk melihat apakah kontak yang hilang sudah muncul.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk mencari kontak yang hilang di WhatsApp. Kamu bisa mencoba langkah-langkah di atas satu per satu sampai kamu menemukan kontak yang hilang. Jika semua cara di atas masih belum berhasil, kemungkinan kontak tersebut sudah dihapus atau diubah nomor teleponnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Terima kasih telah membaca!