Fri. Jul 19th, 2024

Hello Sobat Fakta Raya! Siapa yang nggak pernah ngalamin kejadian hapus kontak WhatsApp secara tidak sengaja? Padahal, kontak tersebut sangatlah penting dan berharga. Jika kamu mengalaminya, jangan khawatir! Di artikel kali ini, kita akan membahas cara mengembalikan kontak di WA yang terhapus dengan mudah dan cepat.

1. Cek di Backup Chat

Jangan salah, WhatsApp memiliki fitur backup chat yang berguna untuk menyimpan riwayat chatmu. Nah, jika kamu pernah menggunakan fitur ini, coba cek di bagian backup chat apakah kontak yang hilang sudah tersimpan di sana. Caranya mudah, kamu hanya perlu membuka aplikasi WhatsApp, kemudian klik tombol titik tiga di pojok kanan atas dan pilih Settings. Setelah itu, pilih Chat > Backup chat. Jika kontakmu masih tersimpan di sana, kamu bisa mengembalikannya dengan mudah.

2. Cek di Google Drive

Jika kamu menggunakan fitur backup chat di WhatsApp, maka data chatmu juga akan tersimpan di akun Google Drive. Kamu bisa mencoba cek di sana apakah kontakmu masih tersimpan. Caranya, kamu perlu membuka Google Drive dan masuk ke akunmu. Jika kamu sudah masuk, kamu bisa mencari file dengan nama “WhatsApp” dan memilih folder “Databases”. Di sana, kamu bisa menemukan file backup chatmu. Jika kontak yang hilang masih tersimpan di sana, kamu bisa dengan mudah mengembalikannya.

3. Coba Pakai Aplikasi Recovery

Jika cara di atas tidak berhasil, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi recovery khusus untuk mengembalikan data yang terhapus. Ada banyak aplikasi recovery yang bisa kamu temukan di Play Store, seperti DiskDigger, EaseUS MobiSaver, atau Wondershare Dr.Fone. Kamu bisa mencoba salah satu aplikasi tersebut untuk mengembalikan kontakmu yang terhapus.

4. Tanyakan ke Temanmu

Jika kamu tidak memiliki backup chat atau aplikasi recovery, kamu bisa mencoba bertanya langsung ke temanmu. Coba tanyakan apakah temanmu masih memiliki kontak yang hilang tersebut di daftar kontaknya. Jika iya, mintalah agar temanmu untuk mengirimkan kontak tersebut kepadamu. Jangan lupa untuk menyimpan kontak tersebut agar tidak hilang lagi di kemudian hari.

5. Cek di SIM Card atau Memori Ponsel

Jika semua cara di atas tidak berhasil, kamu bisa mencoba cek di SIM card atau memori ponselmu apakah kontak tersebut masih tersimpan di sana. Coba buka aplikasi Kontak di ponselmu dan pilih “Import/Export”. Kemudian, pilih “Export to SIM card” atau “Export to storage” dan cek apakah kontakmu masih tersimpan di sana. Jika masih ada, kamu bisa dengan mudah mengembalikannya.

6. Cara Mencegah Kontak Terhapus di WA

Setelah kamu berhasil mengembalikan kontakmu yang hilang, pastikan untuk melakukan langkah-langkah pencegahan agar data kontakmu tidak hilang lagi di kemudian hari. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

– Lakukan backup chat secara berkala

– Aktifkan fitur sinkronisasi kontak di ponselmu

– Simpan kontak pentingmu di Google Contacts atau aplikasi kontak lainnya

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk mengembalikan kontak di WA yang terhapus dengan mudah dan cepat. Jangan lupa untuk melakukan langkah-langkah pencegahan agar kontakmu tidak hilang lagi di kemudian hari. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kamu mengembalikan kontak yang hilang. Terima kasih telah membaca!