Tue. Jul 16th, 2024

Pernahkah sobat Fakta Raya kehilangan kontak di WhatsApp?

Hello Sobat Fakta Raya, pasti sangat menjengkelkan ya jika kontak di WhatsApp tiba-tiba hilang. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang bisa sobat lakukan untuk mengembalikan kontak lama di WA. Yuk simak penjelasannya!

Cara Pertama: Cek Aplikasi Kontak

Cara yang pertama adalah dengan mengecek aplikasi kontak di smartphone sobat. Mungkin saja kontak yang hilang hanya terhapus dari WhatsApp, namun masih tersimpan di aplikasi kontak. Jika sobat menggunakan sistem operasi Android, cukup buka aplikasi “Kontak” dan cari kontak yang hilang. Setelah itu, pastikan nomor telepon tersebut disimpan dengan benar dan sudah terhubung dengan akun WhatsApp.

Cara Kedua: Cek Riwayat Chat

Jika cara pertama tidak berhasil, sobat bisa mencoba cara kedua yaitu dengan mengecek riwayat chat. Buka WhatsApp dan cari percakapan dengan kontak yang hilang. Jika sobat pernah berkomunikasi dengan kontak tersebut, maka nomornya harus ada di riwayat chat. Cukup klik pada nama kontak tersebut, dan WhatsApp akan memuat ulang profilnya.

Cara Ketiga: Cek Backup WhatsApp

Jika dua cara sebelumnya tidak berhasil, sobat bisa mencoba cara ketiga. Cek backup WhatsApp yang terakhir kali dilakukan. WhatsApp secara otomatis melakukan backup chat setiap hari, mingguan, atau bulanan tergantung pada pengaturan yang sobat pilih. Jika kontak yang hilang terakhir kali berada di WhatsApp sebelum backup terakhir dilakukan, maka sobat bisa mengembalikannya dengan mudah.

Cara Keempat: Hubungi Provider Telepon

Jika ternyata nomor telepon kontak tersebut sudah tidak aktif, sobat bisa mencoba menghubungi provider telepon. Mereka mungkin bisa membantu untuk mengembalikan nomor telepon tersebut. Namun, prosesnya bisa memakan waktu yang cukup lama tergantung pada provider yang sobat gunakan.

Cara Kelima: Gunakan Aplikasi Pemulihan Data

Terakhir, jika semua cara di atas tidak berhasil, sobat bisa mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data. Ada banyak aplikasi yang bisa membantu mengembalikan kontak yang hilang di WhatsApp. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi tersebut aman dan bisa merusak data di smartphone sobat. Oleh karena itu, pastikan memilih aplikasi yang terpercaya dan aman.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa sobat lakukan untuk mengembalikan kontak lama di WhatsApp. Jangan panik atau khawatir jika kontak tersebut hilang, karena masih ada cara untuk mengembalikannya. Selamat mencoba!