Thu. Jul 18th, 2024

1. Cek Akun Google Anda

Hello Sobat Fakta Raya! Kontak yang terhapus secara tidak sengaja dapat membuat kita panik, terutama jika kontak tersebut penting dan perlu digunakan segera. Namun, jangan khawatir karena ada cara untuk mengembalikan kontak yang baru saja terhapus. Pertama-tama, cek akun Google Anda. Sebab, kontak yang terhapus di ponsel biasanya masih tersimpan di akun Google.

2. Buka Aplikasi Kontak

Jika kontak yang dihapus masih tersimpan di akun Google, buka aplikasi kontak di ponsel Anda. Lalu, pilih opsi ‘Kontak’ pada kolom ‘Semua Akun’ untuk menampilkan daftar kontak dari akun Google Anda.

3. Pilih Opsi Pulihkan Kontak yang Terhapus

Jika Anda menggunakan aplikasi kontak bawaan ponsel, tekan tombol ‘Titik Tiga’ di sudut kanan atas layar. Kemudian, pilih opsi ‘Pulihkan Kontak yang Terhapus’. Jika Anda menggunakan aplikasi kontak pihak ketiga, cari opsi ‘Pulihkan Kontak’ di menu pengaturan aplikasi tersebut.

4. Tunggu Hingga Selesai

Setelah memilih opsi ‘Pulihkan Kontak yang Terhapus’, tunggu hingga proses selesai. Jangan lakukan apa-apa hingga proses pulih kontak selesai, karena hal tersebut dapat memperburuk situasi.

5. Cek Kembali Daftar Kontak

Jika proses pulih kontak telah selesai, cek kembali daftar kontak di aplikasi kontak. Kontak yang baru saja terhapus seharusnya sudah kembali muncul di daftar kontak.

6. Gunakan Fitur Pulih Kontak di Gmail

Selain melalui aplikasi kontak di ponsel, Anda juga bisa menggunakan fitur pulih kontak di Gmail. Caranya, buka Gmail di komputer dan arahkan kursor ke bawah sebelah kiri layar. Kemudian, pilih opsi ‘Kontak’ dan pilih menu ‘Lebih’ di sebelah kiri halaman. Terakhir, pilih opsi ‘Pulihkan Kontak yang Telah Dihapus’.

7. Periksa Arsip Kontak

Jika tidak ada opsi pulih kontak yang tersedia di aplikasi kontak atau Gmail, periksa arsip kontak di akun Google Anda. Kontak yang terhapus dapat masuk ke dalam arsip kontak dan masih dapat dipulihkan.

8. Gunakan Aplikasi Pemulihan Kontak

Jika semua cara di atas tidak berhasil, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan kontak. Ada banyak aplikasi yang dapat membantu Anda memulihkan kontak yang terhapus, seperti ‘Contact Recovery’ atau ‘Undeleter’ yang tersedia di Play Store. Namun, pastikan untuk memilih aplikasi yang terpercaya dan tidak merusak data di ponsel Anda.

9. Cek Backup Kontak

Jika Anda sering melakukan backup data ponsel, cek backup kontak terakhir yang diambil. Kontak yang terhapus dapat dipulihkan dengan mengambil kontak dari backup yang telah diambil sebelumnya.

10. Pastikan Sinkronisasi Kontak Aktif

Pastikan sinkronisasi kontak aktif di ponsel Anda. Dengan sinkronisasi yang aktif, kontak yang terhapus akan secara otomatis tersimpan di akun Google Anda dan dapat dipulihkan kembali.

11. Jangan Gunakan Ponsel Terlalu Berlebihan

Agar kontak terhindar dari terhapus secara tidak sengaja, jangan gunakan ponsel terlalu berlebihan dengan menginstal banyak aplikasi yang kurang dikenal. Hal tersebut dapat membuat ponsel menjadi lemot atau bahkan terinfeksi virus yang dapat merusak data di dalamnya.

12. Buat Daftar Kontak Cadangan

Untuk menghindari kehilangan kontak yang penting, buat daftar kontak cadangan di akun Google Anda atau di catatan yang selalu diperbarui. Hal ini dapat membantu Anda memulihkan kontak yang terhapus dengan lebih mudah.

13. Jangan Hapus Kontak yang Tidak Dikenal

Jangan sembarangan menghapus kontak yang tidak dikenal atau asing di ponsel Anda. Kontak tersebut mungkin penting dan dapat berguna di kemudian hari.

14. Hindari Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Hindari menggunakan aplikasi kontak atau pemulihan kontak dari pihak ketiga yang tidak terpercaya atau tidak dikenal. Aplikasi semacam itu dapat membahayakan data ponsel Anda dan membuat kontak terhapus secara permanen.

15. Simpan Kontak di Akun Google

Simpan semua kontak penting di akun Google Anda agar tidak mudah terhapus dari ponsel. Dengan menyimpan kontak di akun Google, Anda dapat memulihkan kontak kapan saja dan di mana saja.

16. Gunakan Layanan Cloud Backup

Gunakan layanan cloud backup yang tersedia di ponsel Anda. Dengan layanan ini, semua data pada ponsel akan disimpan secara otomatis di cloud dan dapat dipulihkan kapan saja jika terhapus atau hilang.

17. Lakukan Perawatan Rutin pada Ponsel

Lakukan perawatan rutin pada ponsel, seperti membersihkan cache atau memperbarui sistem operasi. Hal ini dapat memperbaiki kinerja ponsel dan menghindari data yang hilang atau terhapus secara tidak sengaja.

18. Jangan Panik

Jangan panik jika kontak yang penting terhapus secara tidak sengaja. Lakukan langkah-langkah di atas dengan tenang dan sabar. Sebab, panik hanya akan membuat situasi semakin buruk dan membuat Anda semakin sulit untuk memulihkan kontak.

19. Jangan Hapus Kontak Baru Terlalu Cepat

Jangan terlalu cepat menghapus kontak baru yang belum tersimpan di akun Google. Pastikan untuk menyimpan kontak baru di akun Google Anda sebelum menghapusnya dari ponsel.

20. Kesimpulan

Cara Mengembalikan Kontak yang Baru Terhapus

Itulah beberapa cara mengembalikan kontak yang baru terhapus di ponsel. Dengan melakukan cara-cara di atas, Anda dapat memulihkan kontak yang terhapus dengan mudah dan cepat. Namun, selalu pastikan untuk melakukan backup data ponsel secara rutin agar data yang hilang dapat dipulihkan dengan lebih mudah.