Fri. Jul 19th, 2024

Hello, Sobat Fakta Raya! Apakah Anda pernah mengalami kejadian di mana kontak penting di akun Google Anda tiba-tiba hilang? Pastinya sangat menjengkelkan bukan? Namun jangan khawatir karena pada artikel ini saya akan memberikan tips dan trik untuk mengembalikan kontak yang telah terhapus dari akun Google Anda.

1. Cek di Folder Sampah

Ketika Anda menghapus kontak pada akun Google, kontak tersebut mungkin masuk ke dalam folder Sampah. Jadi, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa folder Sampah di akun Google Anda. Caranya cukup mudah, buka aplikasi Kontak Google di ponsel Anda, kemudian klik tiga garis di sudut kiri atas. Setelah itu, pilih “Sampah” dan cari kontak yang ingin Anda pulihkan. Jika kontak yang hilang ada di sana, klik pada kontak tersebut dan pilih “Pulihkan”. Kontak akan kembali ke daftar kontak di akun Google Anda.

2. Gunakan Fitur Restore

Google menawarkan fitur restore untuk pemulihan data yang hilang, termasuk kontak. Jadi, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memulihkan data melalui fitur Restore tersebut. Caranya adalah dengan membuka Google Contacts pada browser Anda, kemudian klik “Lebih” di sebelah kiri atas, lalu pilih “Pulihkan kontak”. Setelah itu, akan muncul jendela dengan opsi untuk memilih jangka waktu pemulihan data. Pilih waktu yang sesuai dan klik “Pulihkan”. Kontak yang hilang akan kembali di akun Google Anda.

3. Gunakan Google Takeout

Jika kontak yang Anda inginkan tidak ada di folder Sampah atau tidak bisa dipulihkan melalui fitur Restore, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan Google Takeout. Google Takeout adalah layanan yang memungkinkan Anda untuk mengunduh data dari akun Google Anda, termasuk kontak. Caranya adalah dengan membuka Google Takeout dalam browser Anda, pilih “Data & Personalization”, kemudian pilih “Unduh data Anda”. Setelah itu, pilih jenis data yang ingin Anda unduh, dalam hal ini adalah kontak. Ikuti petunjuk selanjutnya dan tunggu hingga file unduhan selesai. Setelah itu, Anda dapat mengimpor file tersebut ke akun Google Anda dan kontak yang hilang akan kembali.

4. Gunakan Aplikasi Pemulihan Data

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, maka Anda bisa menggunakan aplikasi pemulihan data untuk mengembalikan kontak yang hilang. Ada banyak aplikasi pemulihan data yang tersedia di Google Play Store, seperti DiskDigger, EaseUS MobiSaver, dr.fone, dan sebagainya. Namun, pastikan untuk memilih aplikasi yang terpercaya dan aman. Setelah aplikasi terpasang, ikuti petunjuk pemulihan data yang diberikan hingga kontak yang hilang berhasil dipulihkan.

5. Jaga Kontak Anda dengan Baik

Terakhir, jangan lupa untuk menjaga kontak Anda dengan baik agar tidak hilang lagi di masa depan. Anda dapat melakukan backup secara berkala, baik melalui Google Drive atau aplikasi backup data lainnya. Selain itu, pastikan juga untuk tidak sembarangan menghapus kontak, terutama yang sangat penting.

Kesimpulan

Demikianlah cara-cara mengembalikan kontak yang telah terhapus dari akun Google. Memang sangat menjengkelkan jika kontak yang penting hilang, namun dengan cara-cara di atas, Anda dapat mengembalikan kontak tersebut dengan mudah dan cepat. Ingatlah untuk selalu menjaga kontak Anda dengan baik agar tidak hilang di masa depan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda.