Tue. Jul 16th, 2024

Hello Sobat Fakta Raya! Apakah kalian pernah menghapus kontak penting di ponsel kalian dan merasa kebingungan bagaimana cara mengembalikannya? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan tips dan trik untuk mengembalikan kontak yang terhapus tanpa menggunakan aplikasi.

Menggunakan Akun Google

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengembalikan kontak yang terhapus adalah melalui akun google kalian. Sebelum memulai langkah ini, pastikan kalian sudah membackup seluruh data kontak di akun google kalian secara teratur.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah masuk ke akun google kalian melalui browser di ponsel atau komputer. Kemudian klik menu “Kontak” dan pilih opsi “Kontak yang Dihapus”.

Setelah itu, kalian akan melihat daftar kontak yang pernah kalian hapus. Klik kontak yang ingin kalian kembalikan, kemudian klik “Pulihkan Kontak”. Kontak tersebut akan kembali ke dalam daftar kontak kalian. Mudah bukan?

Menggunakan Fitur Sistem Operasi Ponsel

Cara kedua yang bisa kalian lakukan adalah menggunakan fitur sistem operasi ponsel kalian. Langkah ini bisa dilakukan pada ponsel dengan sistem operasi Android atau iOS.

Untuk ponsel dengan sistem operasi Android, kalian bisa membuka aplikasi “Kontak” dan klik opsi “More” atau “Lebih” di bagian atas aplikasi tersebut. Kemudian pilih opsi “Kontak yang Dihapus” dan kalian akan melihat daftar kontak yang pernah kalian hapus.

Pilih kontak yang ingin kalian kembalikan, kemudian klik opsi “Pulihkan”. Kontak tersebut akan kembali ke dalam daftar kontak kalian.

Sedangkan untuk ponsel dengan sistem operasi iOS, kalian bisa membuka aplikasi “Kontak” dan klik opsi “Grup” di bagian atas aplikasi tersebut. Kemudian pilih opsi “Dihapus Baru Saja” dan kalian akan melihat daftar kontak yang pernah kalian hapus.

Pilih kontak yang ingin kalian kembalikan, kemudian klik opsi “Kembalikan”. Kontak tersebut akan kembali ke dalam daftar kontak kalian.

Menggunakan Fitur Sinkronisasi Kontak

Cara ketiga yang bisa kalian lakukan adalah menggunakan fitur sinkronisasi kontak. Langkah ini bisa dilakukan pada ponsel dengan sistem operasi Android atau iOS.

Untuk ponsel dengan sistem operasi Android, kalian bisa membuka pengaturan ponsel dan pilih opsi “Akun”. Kemudian pilih akun google kalian dan pastikan fitur “Kontak” sudah diaktifkan.

Setelah itu, kalian bisa membuka aplikasi “Kontak” dan klik opsi “Sunting”. Kemudian pilih opsi “Impor/ekspor” dan pilih akun google kalian. Kalian akan melihat daftar kontak yang disinkronkan dengan akun google kalian.

Untuk ponsel dengan sistem operasi iOS, kalian bisa membuka pengaturan ponsel dan pilih opsi “Kontak”. Kemudian pilih opsi “Akun” dan pastikan akun google kalian sudah ditambahkan.

Setelah itu, kalian bisa membuka aplikasi “Kontak” dan klik opsi “Sunting”. Kemudian pilih opsi “Impor Kontak” dan pilih akun google kalian. Kalian akan melihat daftar kontak yang disinkronkan dengan akun google kalian.

Menggunakan Fitur Backup dan Restore

Cara keempat yang bisa kalian lakukan adalah menggunakan fitur backup dan restore. Langkah ini bisa dilakukan pada ponsel dengan sistem operasi Android atau iOS.

Untuk ponsel dengan sistem operasi Android, kalian bisa membuka pengaturan ponsel dan pilih opsi “Backup & restore”. Kemudian aktifkan fitur “Backup Kontak” dan pastikan data kontak kalian sudah terbackup dengan baik.

Jika kontak kalian terhapus, kalian bisa membuka aplikasi “Kontak” dan klik opsi “Sunting”. Kemudian pilih opsi “Impor/ekspor” dan pilih opsi “Impor”. Pilih file backup kontak kalian dan kontak tersebut akan kembali ke dalam daftar kontak kalian.

Sedangkan untuk ponsel dengan sistem operasi iOS, kalian bisa membuka pengaturan ponsel dan pilih opsi “iCloud”. Pastikan fitur “Kontak” sudah diaktifkan dan data kontak kalian sudah terbackup dengan baik.

Jika kontak kalian terhapus, kalian bisa membuka aplikasi “Kontak” dan klik opsi “Sunting”. Kemudian pilih opsi “Impor Kontak” dan pilih opsi “Dari File vCard”. Pilih file backup kontak kalian dan kontak tersebut akan kembali ke dalam daftar kontak kalian.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengembalikan kontak yang terhapus tanpa menggunakan aplikasi. Pastikan kalian selalu membackup data kontak kalian secara teratur agar tidak kehilangan kontak penting di ponsel kalian. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian ya Sobat Fakta Raya!