Tue. Jul 16th, 2024

Tahukah kamu bahwa kehilangan nomor kontak penting di WhatsApp itu bisa sangat merugikan?

Hello Sobat Fakta Raya, siapa sih yang gak kesal kalau nomor kontak seseorang hilang tiba-tiba dari daftar WhatsApp kita? Padahal, nomor tersebut mungkin sangat penting untuk keperluan pekerjaan atau urusan pribadi kita. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara untuk mengembalikan nomor kontak yang terhapus di WhatsApp. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Cara 1: Cek Riwayat Obrolan di WhatsApp

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa riwayat obrolan di WhatsApp. Mungkin saja nomor kontak yang hilang tiba-tiba tersebut pernah tercatat di riwayat obrolanmu. Caranya cukup mudah, tinggal masuk ke menu obrolan dan scroll ke bawah hingga kamu menemukan opsi “riwayat obrolan”. Di dalam menu tersebut, kamu bisa mencari nomor kontak yang hilang dengan melakukan pencarian berdasarkan kata kunci tertentu.

Cara 2: Cari di Kontak Telepon

Cara kedua yang bisa kamu coba adalah dengan mencari nomor kontak di daftar kontak teleponmu. WhatsApp memungkinkan kamu untuk mengimpor nomor telepon dari daftar kontak teleponmu. Jadi, jika nomor kontak tersebut pernah tercatat di daftar kontak teleponmu, maka kemungkinan besar nomor tersebut masih bisa kamu temukan di WhatsApp. Caranya cukup mudah, tinggal klik ikon “telepon” di bagian bawah layar, kemudian masuk ke menu “kontak telepon” dan cari nomor kontak yang hilang di sana.

Cara 3: Gunakan Aplikasi Recovery

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, maka kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi recovery untuk mengembalikan nomor kontak yang hilang. Beberapa aplikasi recovery yang bisa kamu gunakan antara lain DiskDigger, Undeleter, atau Recuva. Namun, perlu diingat bahwa cara ini tidak selalu berhasil dan kadang-kadang bisa merusak data WhatsApp yang lain.

Cara 4: Restore Backup WhatsApp

Terakhir, cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan merestore backup WhatsApp. Jika kamu melakukan backup data WhatsApp secara berkala, maka kamu bisa memulihkan nomor kontak yang hilang dari backup tersebut. Caranya cukup mudah, tinggal masuk ke menu “pengaturan” lalu pilih “pemulihan data”. Namun, perlu diingat bahwa cara ini hanya berhasil jika kamu telah melakukan backup data sebelum nomor kontak hilang.

Kesimpulan

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan nomor kontak yang hilang di WhatsApp. Namun, sebaiknya kamu melakukan backup data secara berkala agar data-data pentingmu tetap aman dan mudah dipulihkan jika terjadi masalah seperti ini. Semoga bermanfaat!