Tue. Jul 16th, 2024

 

Seiring berjalannya waktu dan seiring meningkatnya kehidupan global, menuntut kita untuk maju dan berfikir kedepan salah satunya mengenai kesehatan. karena dilihat dari situasi dan kondisi saat ini tentang Covid yang berkepanjangan membuat kita terus waspada mengenai kesehatan.

 Beberapa hal yang harus dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan adalah dengan berolaraga, makan dan minum yang cukup, dan selalu berfikir positif. Dengan begitu tubuh kita akan terjaga dari berbagai virus dan bakteri yang mengintai tubuh kita, terutama covid-19 yang sedang meraja di tahun 2020 hingga 2021 ini.

Namun dengan melakukan tiga hal di atas, tidak menuntut kemungkinan suatu hari nanti kita akan terserang suatu penyakit. Maka dari itu, persiapan dari segi finansial juga harus dimulai sejak dini.

Salah satu hal yang harus dilakukan demi menjaga keadaan finansial kita selama sakit adalah dengan mendaftarkan diri ke Asuransi Kesehatan. Dengan mendaftar diri sebagai peserta asuransi kesehatan, maka urusan finansial kita selama kita sakit akan lebih ringan.

Sebelum memilih suatu asuransi kesehatan, tidak ada salahnya jika kita mengetahui terlebih dahulu menegenai kelebihan dan kekurangannya. Berikut akan dibahas mengenai kelebihan dan keurangan asuransi kesehatan yang wajib anda ketahui sebelum memilih untuk mendaftarkan diri.

Kelebihan Asuransi Kesehatan

1. Meringankan beban dalam hal finansial ketika sedang sakit

Sebuah penyakit tidak dapat diduga kapan akan datang dan kapan akan pergi. Maka dari itu tidak ada salahnya jika kita mendaftarkan diri ke asuransi kesehatan demi menjaga kestabilan finansial kita.

Kelebihan yang pertama ini akan berdampak pada kita sebagai kepala keluarga. Jika kita sakit, maka keadaan keuangan akan menurun. Hal tersebut bisa diatasi jika kita mempunyai asuransi kesehatan yang dapat kita gunakan selama dalam perawatan di rumah sakit.

2. Sebagai investasi masa depan

Selain sebagai penyelamat finansial, asuransi kesehatan juga dapat kita jadikan sebagai investasi masa depan. Jika suatu waktu di masa tua kita mengalami sakit , maka asuransi kesehatan dapat membantu kita dalam pembayaran rumah sakitnya.

Kekurangan Asuransi Kesehatan

1. Pembayaran premi sebagian masuk ke perusahaan

Karena asuransi kesehatan bukanlah bantuan dari pemerintah, melainkan dari perusahaan swasta, maka dana yang kita bayar sebagaian akan masuk ke perusahaan sebagai keuntungan dari perusahaan tersebut.

2. Dana hangus jika tidak ada pembayaran berkala

Setiap suransi tentu memiliki aturan sendiri-sendiri salah satunya dalam hal pembayaran. Jika dalam beberapa bulan kita tidak membayar premi, maka dengan otomatis dana kita sebelumnya akan hangus dan tidak dapat kita claim. Maka dari itu jangan sampai lupa untuk membayar prei tiap bulannya, supaya asuransi kita tidak kadaluarsa dan tetap bisa digunakan kapanpun kita perlukan.

3. Pembayaran premi sangat mahal

Karena merupakan asuransi swasta yang didirikan oleh suatu perusahaan, maka pembayaran akan lebih mahal. Hal tersebut dikarenakan tidak ada dana bantuan dari pemerinta yang menunjang premi kita.

Selain itu, dari pihak perusahaan juga mengambil keuntungan dari premi yang kita bayarkan. Maka dilihaat dari kedua faktor tersebut, tidaklah heran lagi jika premi yang kita bayar lebih mahal daripada asuransi kesehatan lainnya seperti BPJS Kesehatan.

Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang sudah dijelaskan di atas, maka anda dapat menentukan pilihan mana yang akan anda jadikan sebagai asuransi kesehatan anda dimasa mendatang atau diwaktu yang diperlukan.