Tue. Jul 16th, 2024

Hello Sobat Fakta Raya! Kalian mungkin pernah mengalami hal yang sama dengan saya, yaitu kontak yang terhapus dari ponsel kita. Rasanya sangat menjengkelkan apalagi jika kontak tersebut sangat penting untuk kita. Tidak perlu khawatir, karena kali ini saya akan membagikan tips untuk mengatasi masalah tersebut. Yuk simak artikel berikut ini.

1. Periksa di Akun Google

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan memeriksa kontak di akun Google kalian. Karena sering kali kontak yang terhapus masih tersimpan di akun Google kalian. Untuk memeriksanya kalian bisa membuka aplikasi kontak di ponsel kalian dan pilih opsi “kontak yang disinkronkan”. Jika kontak yang kalian cari masih tersimpan di akun Google, maka kalian bisa dengan mudah mengembalikannya.

2. Cek di Recycle Bin

Seperti halnya pada laptop atau komputer, ponsel juga memiliki fitur Recycle Bin. Fitur ini bisa digunakan untuk menyimpan data yang terhapus sementara sebelum benar-benar dihapus secara permanen. Kalian bisa memeriksa pada folder Recycle Bin apakah kontak yang hilang masih tersimpan di sana. Jika masih ada, maka kalian bisa mengembalikannya dengan mudah.

3. Gunakan Aplikasi Recovery

Jika kedua cara di atas tidak berhasil, kalian bisa menggunakan aplikasi recovery untuk mengembalikan kontak yang terhapus. Ada banyak aplikasi recovery yang bisa kalian gunakan seperti EaseUS MobiSaver, Recuva, atau DiskDigger. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi recovery bisa mengembalikan data yang sudah terhapus secara permanen.

4. Meminta Bantuan Pihak Ahli

Jika kalian masih mengalami masalah dengan kontak yang terhapus, kalian bisa meminta bantuan pihak ahli. Ada banyak jasa penyedia layanan pemulihan data yang bisa kalian gunakan. Namun, perlu diingat bahwa jasa ini biasanya akan dikenakan biaya yang tidak murah.

5. Backup Kontak

Untuk menghindari kejadian kontak yang terhapus di masa yang akan datang, kalian bisa melakukan backup data secara berkala. Hal ini akan memudahkan kalian jika suatu saat kontak kalian terhapus atau ponsel kalian hilang. Kalian bisa menggunakan layanan Google Backup untuk melakukan backup kontak, atau bisa juga menggunakan aplikasi backup data lainnya.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian coba jika mengalami masalah dengan kontak yang terhapus dari ponsel. Selalu backup data secara berkala agar tidak terjadi masalah yang lebih besar di masa yang akan datang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian. Terima kasih telah membaca, Sobat Fakta Raya!