Bagi Anda yang memiliki kendaraan seperti mobil, tentu sudah seharusnya memiliki asuransi kendaraan. Hal ini mengingat kendaraan yang Anda miliki pun tidak lepas dari berbagai resiko yang mengancam di masa mendatang, seperti resiko kerusakan karena kecelakaan, bencana alam, dlsb, hingga resiko mengalami pencurian atau kehilangan. Dengan adanya asuransi kendaraan, nantinya akan memberi manfaat bagi Anda karena bisa melakukan klaim atas resiko tersebut. Jika Anda memiliki asuransi kendaraan dari Allianz, maka bisa melakukan klaim Allianz ketika kendaraan mengalami salah satu resiko di masa mendatang.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Anda bisa melakukan klaim asuransi kendaraan ketika menghadapi resiko. Anda sebaiknya mengetahui persyaratan dengan baik agar klaim bisa segera dicairkan. Karena terkadang ada beberapa orang pemilik asuransi kendaraan yang tidak paham mengenai hal ini. Akibatnya klaim asuransi ditolak atau tidak bisa segera dicairkan. Agar Anda tidak mengalami hal serupa dan agar klaim bisa disetujui, berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, yaitu:

1. Hindari hal-hal yang termasuk pengecualian dalam polis.

Ada beberapa hal yang termasuk dalam pengecualian polis dan bisa menyebabkan klaim ditolak. Anda perlu mengetahui apa saja yang menjadi pengecualian. Adapun beberapa hal yang tergolong pengecualian, seperti melaporkan klaim melebihi batas waktu pelaporan, pengemudi tidak memiliki SIM, klaim yang diajukan tidak masuk dalam jaminan polis, klaim yang diajukan termasuk dalam klausa pengecualian di dalam polis.

2. Lengkapi dokumen klaim asuransi kendaraan.

Ada beberapa dokumen yang harus Anda lengkapi saat mengajukan klaim asuransi kendaraan, yaitu formulir klaim, fotokopi polis, SIM, STNK, dan surat keterangan dari kepolisian.

3. Kendaraan milik tertanggung.

Pastikan kendaraan Anda tidak untuk mengajukan klaim akibat melakukan perbuatan melanggar hukum. Karena jika demikian akan berpotensi untuk ditolak klaimnya.

4. Berikan dokumentasi jika mengalami kecelakaan.

Jika Anda hendak melakukan klaim akibat kerusakan yang disebabkan oleh kecelakaan, maka berikan dokumentasi berupa foto atau video sebagai bukti.

5. Perhatikan wilayah pertanggungan.

Penting sekali untuk cermat atau memahami isi polis saat membeli asuransi kendaraan. dengan begitu Anda bisa mengetahui juga untuk wilayah pertanggungannya. Jika memang resiko yang terjadi pada kendaraan di luar wilayah pertanggungan, maka jangan dipaksakan untuk mengajukan klaim.

Itu tadi beberapa hal yang perlu dilakukan saat mengajukan klaim asuransi kendaraan. Dengan melakukan berbagai hal di atas, diharapkan ketika Anda mengajukan klaim untuk resiko yang dimiliki bisa disetujui dan prosesnya berjalan dengan lancar. Hal yang sama ketika Anda memiliki asuransi kendaraan dari Allianz. Pastikan saat melakukan klaim Allianz juga memperhatikan hal-hal yang sudah disebutkan di atas. Bagi yang belum mengetahui mengenai asuransi kendaraan Allianz, ada beberapa produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi yang satu ini, yaitu asuransi Allianz MobilKu, asuransi Automobile Liability, dan asuransi umum lainnya.