Tue. Jul 16th, 2024

Saat ini kita ketahui bahwa pandemi Covid-19 ini sangat berdampak besar pada semua orang khususnya pada sektor ekonomi di Indonesia. Bahkan semua mengharuskan dikerjakan dengans serba terbatas dan banyak bisnis-bisnis yang mengalami kerugian besar. Dampak pandemi ini berpengaruh pada bisnis kecil maupun besar semua merasakan penurunan yang signifikan bahkan ada yang sampai menutup gerainya. Namun demikian sebagai pebisnis tentu tidak bisa diam begitu saja saat usahanya telah mengalami penurunan yang mengakibatkan kerugian. Banyak juga yang terus berusaha mempertahankan bisnisnya dengan berbagai cara dari beradaptasi hingga memikirkan cara untuk bisa bertahan untuk keberlangsungan bisnis mereka Nah upaya untuk mempertahankan bisnis di tengah pandemi seperti ini tentu menjadi PR besar bagi semua orang khususnya para pelaku usaha. Dunia bisnis sebenarnya tidak akan berhenti begitu saja karena akan selalu ada peluang peluang baru untuk bisa mempertahankan bahkan mengembangkan bisnis yang lebih baik. Jika Anda mencari inspirasi untuk bisnis maka pas sekali di artikel ini saya akan membahas tentang tips mempertahankan bisnis secara online di di tengah Pandemi sebagai berikut:

1. Menciptakan Inovasi Produk yang Dibutuhkan Konsumen

Salah satu strategi bisnis untuk bisa terus bertahan di tengah pandemi saat ini adalah dengan melakukan inovasi-inovasi produk yang memang dibutuhkan oleh konsumen. Dengan demikian meskipun banyak gerai atau toko yang tutup masih bisa meningkatkan penjualan. Misalnya saja saat pandemi seperti ini pastinya akan ada banyak orang yang mencari produk atau alat kesehatan. Nah masker menjadi produk yang paling banyak dicari saat ini, sehingga memproduksi masker yang memiliki standar baik menjadi pilihan bisnis yang tepat saat in Kemudian jika berbicara usaha kuliner juga sama semua serba terbatas bahkan ada yang ditutup juga. Menyediakan frozen food bisa menjadi alternatif yang baik karena makanan akan lebih tahan lama menyediakan stok yang cukup untuk pelanggan. Selain itu jika menjual makanan ada baiknya untuk kemasan yang higienis dan aman yang akan membuat pelanggan percaya bahwa bisnis Anda profesional. Dengan Anda memahami kebutuhan pasar yang sedang meningkat walaupun masa pandemi dan ditambah inovasi yang ada maka akan lebih mudah untuk bisa mempertahankan bisnis Anda nantinya.

2. Selalu Memperhatikan Standar Kualitas Produk

Kualitas produk menjadi bagian penting dari keberhasilan bisnis oleh karena itu perlu dilakukan manajemen mutu yang baik dari perusahaan untuk menentukan seberapa baik kualitas produk atau jasa yang dihasilkan. Tujuan jangka panjangnya adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan atau konsumen sehingga menjadi customer loyalty terus meningkat dan juga mempertahankan pelanggan tetap memilih produk atau jasa yang ada.

3. Gunakanlah Platform Marketplace

Seorang pebisnis harus terus mengikuti perkembangan zaman yang memang terus berkembang dengan pesat terutama pada perkembangan teknologi dan internet. Untuk itu tentu dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada akan mempermudah dalam mengembangkan bisnis kedepan. Selain itu diharapkan dengan memanfaatkan teknologi yang ada akan meningkatkan keuntungan yang baik. Apa itu marketplace? Yaitu media untuk untuk memasarkan produk dengan cara online dan bertransaksi dengan online juga. Marketplace ini bisa dikatakan sebagai wadah bagi parapenjual untuk bisa memasarkan produk-produknya baik melalui website maupun aplikasi mobile. Di Indonesia sendiri telah banyak marketplace yang bisa digunakan secara gratis misalnya Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan lain sebagainya.

4. Buat Website Bisnis Anda

Website merupakan salah satu kunci sukses bisnis online Anda. Untuk meningkatkan penjualan selain menggunakan marketplace yang ada, Anda pun bisa juga memanfaatkan website untuk bisnis online, tidak hanya perusahaan besar ukm, perorangan, rumahan dan lain sebagainya bisa memiliki bisnis online sendiri melalui website ini. Untuk membuat website toko online saat ini siapapun bisa membuatnya dengan mudah tanpa harus menguasai bahasa pemrograman web atau coding. Anda hanya tinggal klik dan install toko online Anda sudah jadi. Apakah mahal membuat website itu? Sebenarnya saat ini membuat toko online tidaklah mahal yang dibutuhkan adalah domain murah dan hosting terbaik sudah langsung bisa memulai membuat toko online Anda sendiri. Untuk harga domain murah .COM seharga Rp129.000,-/tahun sedangkan untuk hosting murahnya mulai dari
Rp10.900/bulan hingga Rp300.900,-/per bulan tergantung kebutuhan karena ada paket pilihan
yang bisa menyesuaikan budget Anda.

5. Menciptakan Kenyamanan Pelanggan

Ketika bisnis online Anda telah jalan maka pastinya akan memiliki banyak pelanggan, untuk itu berupaya mempertahankan pelanggan adalah suatu keharusan bagi pemilik bisnis. Dalam upaya memberikan kenyamanan pelanggan maka pelayanan yang terbaik menjadi faktor kunci keberhasilan. Kemudian memberikan pengalaman belanja yang baik pada pelanggan maka mereka akan kembali melakukan transaksi atau membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan bahkan bisa menjadi pelanggan yang loyal nantinya. Jika berbicara tentang bisnis online maka pengiriman barang perlu diperhatikan dengan memastikan barang sampai pada tujuan dengan aman dan baik.

6. Tingkatkan Penjualan

Untuk meningkatkan penjualan perlu adanya strategi yang baik, ada berbagai cara untuk bisa meningkatkan penjualan mulai dari promosi, penawaran khusus, menerapkan strategi iklanĀ  eperti Google Ads, Facebook Ads dan lain sebagainya. Jika Anda memiliki budget yang cukup bisa memanfaatkan ikan Ads yang bisa menjangkau pelanggan lebih luas. Biasanya iklan Ads ini biaya bisa diatur sesuai keinginan kita dengan biaya per klik dan lain-lain. Jika menggunakan menggunakan Google Ads berbasis pencarian sedangkan Facebook Ads berbasis iklan media sosial. Anda bisa meningkatkan penjualan dengan cepat dan tertarget dengan menggunakan metode periklanan ini selain murah budget bisa diatur sesuai kebutuhan Anda.

7. Hemat Dalam Pengeluaran

Banyak bisnis yang mengalami kerugian karena pendapatan tidak bisa mencukupi pengeluaran dari perusahaan. Maka dengan cara menghemat pengeluaran akan memberikan nafas lega untuk bisnis Anda. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam masalah pengeluaran ini misalnya biaya operasional, listrik, tagihan air, internet dan lain sebagainya. Jika bisa menekan pengeluaran saat pandemi seperti ini maka bisnis Anda akan terus berjalan dengan semestinya.

8. Periksa Kembali Kondisi Keuangan Bisnis

Kita tahu bahwa pandemi saat ini belum ada yang bisa memastikan kapan akan selesainya. Selama kondisi seperti ini masih berlangsung maka perekonomian masih belum bisa normal seperti sedia kala. Untuk itu selama masa pandemi perusahaan harus bisa mengatur dan mengelola keuangan khususnya pengeluaran agar bisa lebih efisien. Penting juga untuk menyiapkan dana cadangan untuk keberlangsungan bisnis satu tahun kedepan.

Itulah beberapa strategi dan tips mempertahankan bisnis online saat pandemi seperti saat ini. Untuk bisa terus bertahan pengusaha harus bisa beradaptasi dan terus menemukan kebutuhan pasar yang ada, dengan demikian maka bisnis yang dijalankan akan bisa bertahan dengan baik bahkan bisa meningkat.