Fri. Jul 19th, 2024

Injeksi atau Suntik putih menjadi salah satu cara untuk mencerahkan dan memperbaiki warna kulit. Suntik putih menjadi metode paling praktis dan mampu memberikan efek secara langsung yang membuat kulit tampak lebih putih dan cerah.

Bahan Suntik Putih

Pada umumnya, suntik pemutih berisi larutan yang terdiri dari 3 komponen, yaitu:

1. Vitamin C

Vitamin C berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari radikal bebas. Selain itu, kandungan yang satu ini juga dapat berperan untuk melepas kolagen.

2. Glutathione

Glutathione merupakan antioksidan alami di dalam tubuh yang memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit dan mampu mencegah terjadinya keriput.

3. Kolagen

Kandungan ini mampu meningkatkan elastisitas serta kelembapan kulit, dan menurunkan risiko munculnya keriput, serta mendorong produksi fibrilin dan elastin, serta memberikan protein yang dibutuhkan oleh kulit.

Apakah benar metode suntik kulit putih ini mampu mencerahkan dan membuat kulit Nampak lebih putih?

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Aesthetics & Anti-aging Medicine, sedikitnya 95% partisipan yang pernah mencoba melakukan metode suntik putih merasakan kulitnya menjadi lebih cerah, segar, dan kencang.

Berdasarkan penelitian tersebut, manfaat suntik putih bisa didapatkan setelah satu bulan menjalani metode ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa cara ini memang efektif mampu membuat kulit menjadi cerah dan putih.

Manfaat Suntik Putih

Berikut ini beberapa manfaat sunti kputih yang bisa didapatkan oleh orang yang melakukannya, yaitu:

  • Mencerahkan pigmentasi pada kulit sesuai dengan kondisi aslinya
  • Kandungan kolagennya mampu membantu kulit supaya nampak lebih kencang serta memudarkan kerutan.
  • Mencegah potensi munculnya noda hitam atau flek, dan jerawat,
  • Mampu menjaga kelembapan kulit

Efek Samping Suntik Putih

Meskipun mampu memberikan banyak manfaat, namun ada beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan dari metode suntik putih ini.

Berikut beberapa efek samping suntik putih yang perlu diperhatikan untuk anda yang berniat melakukan cara ini, antara lain:

  • Menyebabkan gatal, ruam, dan kemerahan di kulit sebagai reaksi alergi
  • Menurunkan kadar seng atau zinc di dalam tubuh
  • Akan terjadi perubahan fungsi tiroid yang bisa memicu hipotirodisme
  • Dapat mengganggu fungsi kerja organ ginjal dan berisiko menyebabkan penyakit gagal ginjal
  • Dosis yang berlebih atau tidak sesuai bisa mengakibatkan sakit perut, mual, dan diare

Hal Penting yang harus diperhatikan Sebelum Melakukan Suntik Putih

1. Pilih Dokter yang terpercaya dan kompeten

Untuk melakukan suntik putih, sebaiknya anda memilih dokter terpercaya, professional, dan kompeten di bidangnya. Sebaiknya, hindari mempercayakan penyuntukan putih oleh pekerja salon kecantikan yang seringkali menyediakan paket suntik putih, terlebih dengan harga yang murah.

Hal ini bertujuan guna mengurangi risiko efek samping yang berbahaya dan memastikan keamanan dari produk yang digunakan.

2. Tes Alergi

Sebelum melakukan suntik pemutih kulit, pada umumnya dokter akan memeriksa riwayat kesehatan anda.

Jadi, jika anda mempunyai riwayat penyakit seperti ginjal, asam urat atau penyakit kronis lainnya, biasanya dokter akan memperingatkan mengenai resiko yang bisa terjadi. Anda harus menghindari metode ini jika memiliki reaksi alergi terhadap vitamin C atau bahan pendukung lainnya.

Dibandingkan metode pemutihan kulit lainnya, seperti menggunakan krim pemutih, suntik putih diklaim bisa lebih cepat mencerahkan kulit. Namun, anda harus mempertimbangkan risikonya juga.