Tue. Jul 16th, 2024

Mengembalikan Kontak WA Setelah Reset Pabrik: Tips dan Trik

Apa yang Terjadi Ketika Reset Pabrik?Reset pabrik merupakan cara umum untuk memperbaiki masalah pada smartphone, termasuk masalah pada WhatsApp. Namun, ketika Anda melakukan reset pabrik, semua data termasuk kontak WA akan hilang. Hal ini tentu sangat merepotkan, terutama jika Anda memiliki banyak kontak penting dan tidak ingin kehilangan mereka.

Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Reset Pabrik?Sebelum melakukan reset pabrik, pastikan untuk mencadangkan data Anda, termasuk kontak WA. Anda bisa melakukan pencadangan dengan menggunakan fitur backup yang disediakan oleh WhatsApp. Caranya:1. Buka aplikasi WhatsApp2. Klik pada menu tiga titik di pojok kanan atas3. Pilih “Pengaturan”4. Pilih “Chats”5. Klik pada “Backup” untuk memulai proses pencadanganPastikan untuk memilih opsi “Include Videos” jika Anda ingin mencadangkan semua file multimedia.

Mengembalikan Kontak WA Setelah Reset PabrikSetelah melakukan reset pabrik dan menginstal kembali WhatsApp, Anda akan menemukan bahwa semua kontak WA Anda telah hilang. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mengembalikan kontak WhatsApp Anda:1. Mencari Kontak di Aplikasi WhatsAppJika kontak WA Anda sebelumnya terhubung ke nomor telepon Anda atau nomor telepon teman Anda, maka kontak tersebut akan muncul di aplikasi WhatsApp. Caranya:1. Buka aplikasi WhatsApp2. Klik pada ikon “Chat” di bagian bawah layar3. Klik pada ikon “New Chat” di pojok kanan atas4. Ketikkan nama atau nomor telepon kontak yang ingin Anda kirim pesan5. Jika kontak tersebut muncul, maka kontak tersebut sudah terhubung dengan nomor telepon Anda atau teman Anda2. Mencari Kontak di Kontak PonselJika kontak WA Anda sebelumnya terhubung ke kontak ponsel Anda, maka Anda bisa mencari kontak tersebut di daftar kontak ponsel Anda. Caranya:1. Buka aplikasi Kontak pada ponsel Anda2. Cari kontak WhatsApp yang hilang3. Jika kontak tersebut muncul, maka kontak tersebut sudah terhubung dengan nomor telepon Anda atau teman Anda3. Menggunakan Aplikasi RecoveryJika cara-cara di atas tidak berhasil, ada beberapa aplikasi recovery yang bisa membantu Anda mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang. Salah satu aplikasi terbaik adalah FoneLab Android Data Recovery. Caranya:1. Unduh dan instal FoneLab Android Data Recovery di komputer Anda2. Hubungkan ponsel Anda ke komputer melalui kabel USB3. Buka aplikasi FoneLab Android Data Recovery dan klik pada “Recover WhatsApp Data”4. Pilih jenis file yang ingin Anda pulihkan, termasuk kontak WhatsApp5. Klik pada “Scan” untuk memulai proses pemindaian6. Setelah selesai, pilih kontak WhatsApp yang ingin Anda pulihkan dan klik pada “Recover”

KesimpulanJadi, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan kontak WA setelah melakukan reset pabrik. Jangan lupa untuk selalu mencadangkan data Anda sebelum melakukan reset pabrik untuk menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Fakta Raya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Selamat Mencoba!