Thu. Jul 18th, 2024

Hello, Sobat Fakta Raya! Siapa sih yang tidak menggunakan WhatsApp saat ini? Aplikasi pesan instan yang satu ini memang sangat populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dalam penggunaannya, kita pasti pernah mengalami kehilangan kontak yang sudah terlanjur tersimpan di aplikasi WhatsApp. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mengembalikan kontak WA yang terhapus. Yuk simak bersama-sama!

1. Cek Daftar Kontak di WhatsApp

Langkah pertama yang harus Sobat Fakta Raya lakukan adalah dengan mengecek daftar kontak yang tersimpan di WhatsApp. Dalam banyak kasus, kontak terhapus karena kesalahan dalam menghapus nomor telepon di daftar kontak. Jadi, pastikan kamu sudah memeriksa daftar kontak tersebut dengan seksama.

2. Cek Kontak di Aplikasi Telepon

Jika kamu sudah yakin bahwa kontak yang dihapus tidak ada di daftar kontak WhatsApp, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengecek kontak tersebut di aplikasi telepon. Ada kemungkinan bahwa nomor telepon masih tersimpan di aplikasi telepon, tapi tidak terhubung ke akun WhatsAppmu.

3. Cek Arsip Chat

Apabila langkah-langkah di atas tidak berhasil, Sobat Fakta Raya bisa mencoba untuk mengecek arsip chat. Ada kemungkinan bahwa kamu pernah berkomunikasi dengan nomor tersebut dan chat masih tersimpan di arsip chat. Dalam arsip chat, kamu bisa menemukan nomor telepon tersebut dan menambahkannya kembali ke daftar kontak WhatsApp.

4. Mengambil Kontak WhatsApp dari Google Drive

WhatsApp memiliki fitur backup dan restore data melalui Google Drive. Jika Sobat Fakta Raya secara rutin melakukan backup data WhatsApp, maka kamu bisa mencoba mengambil kontak yang terhapus melalui fitur ini. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu masuk ke akun Google Drive yang digunakan untuk backup data WhatsApp dan memulihkan data yang diinginkan.

5. Gunakan Aplikasi Pemulihan Data

Jika semua cara di atas tidak berhasil, Sobat Fakta Raya bisa mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data untuk mengembalikan kontak WhatsApp yang terhapus. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Google Playstore yang bisa kamu gunakan untuk memulihkan data yang terhapus dari smartphone-mu.

6. Hubungi Layanan Bantuan WhatsApp

Apabila semua cara yang sudah dijelaskan di atas tidak berhasil, Sobat Fakta Raya bisa mencoba untuk menghubungi layanan bantuan WhatsApp. WhatsApp memiliki tim support yang siap membantu pengguna mengatasi berbagai masalah yang terjadi dalam penggunaannya. Kamu bisa menghubungi mereka melalui email atau media sosial resmi WhatsApp.

7. Pastikan Kamu Telah Melakukan Backup Data WhatsApp

Sebagai langkah pencegahan, Sobat Fakta Raya disarankan untuk melakukan backup data WhatsApp secara rutin. Dengan melakukan backup data, kamu bisa memulihkan data yang terhapus dengan mudah dan cepat. Pastikan juga kamu telah membackup daftar kontak agar tidak kehilangan nomor-nomor penting.

8. Selalu Menyimpan Nomor Kontak dengan Benar

Terakhir, sebagai tips untuk mencegah kehilangan kontak WhatsApp, Sobat Fakta Raya disarankan untuk selalu menyimpan nomor kontak dengan benar. Hindari kesalahan dalam mengetik nomor telepon atau menyimpan nomor dengan format yang berbeda-beda. Hal ini akan memudahkanmu dalam menemukan dan mengembalikan kontak yang terhapus di masa yang akan datang.

Kesimpulan

Demikianlah cara mengembalikan kontak WhatsApp yang terhapus. Ada beberapa langkah yang bisa Sobat Fakta Raya lakukan, mulai dari mengecek daftar kontak di WhatsApp hingga menggunakan aplikasi pemulihan data. Namun, yang paling penting adalah melakukan backup data secara rutin dan selalu menyimpan nomor kontak dengan benar untuk mencegah kehilangan data di masa yang akan datang. Semoga artikel ini bermanfaat!