Tue. Jul 16th, 2024

Hello Sobat Fakta Raya, apakah kamu pernah kehilangan kontak penting di akun Google? Entah itu karena kesalahan saat menghapus atau karena faktor lainnya, kehilangan kontak bisa menjadi masalah yang cukup besar. Namun, jangan khawatir! Di artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara mengembalikan kontak yang terhapus di akun Google.

Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus di Akun Google

Sebelum kita mulai, pastikan bahwa akun Google kamu terhubung dengan perangkat android atau iOS. Jika sudah, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi Kontak Google kamu di perangkat android atau iOS. Jika kamu tidak memiliki aplikasi Kontak Google, kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store atau App Store.

2. Setelah masuk ke aplikasi Kontak Google, klik menu yang terletak di sudut kiri atas.

3. Setelah itu, akan muncul beberapa opsi seperti Kontak, Label, dan Pengaturan. Pilih Pengaturan.

4. Di menu Pengaturan, cari opsi “Kontak yang Dihapus”.

5. Setelah menemukannya, klik opsi tersebut dan kamu akan melihat daftar kontak yang pernah dihapus dalam kurun waktu 30 hari terakhir.

6. Pilih kontak yang ingin kamu pulihkan dan klik “Pulihkan”.

7. Setelah itu, kontak yang kamu pulihkan akan muncul kembali di daftar kontak.

Itu dia cara mudah mengembalikan kontak yang terhapus di akun Google. Namun, perlu diingat bahwa kontak yang terhapus lebih dari 30 hari tidak bisa dipulihkan lagi.

Tips Menghindari Kehilangan Kontak di Akun Google

Selain cara mengembalikan kontak yang terhapus, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kehilangan kontak di akun Google. Berikut adalah tipsnya:

1. Backup Kontak secara Berkala

Backup kontak secara berkala sangat penting untuk menghindari kehilangan data. Kamu bisa melakukan backup kontak ke Google Drive atau perangkat lainnya.

2. Jangan Sembarang Menghapus Kontak

Sebelum menghapus kontak, pastikan bahwa kontak tersebut tidak lagi dibutuhkan. Jangan menghapus kontak secara sembarangan karena kamu tidak akan bisa mengembalikannya lagi setelah 30 hari.

3. Perbarui Kontak Secara Teratur

Perbarui kontak secara teratur dengan informasi terbaru seperti nomor telepon atau alamat email. Hal ini akan membuat kontakmu selalu up-to-date.

Kesimpulan

Kehilangan kontak di akun Google memang bisa menjadi masalah yang cukup besar. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kamu bisa mengembalikan kontak yang terhapus dengan mudah. Selain itu, kamu juga bisa menghindari kehilangan kontak dengan melakukan backup secara berkala, tidak sembarang menghapus kontak, dan memperbarui kontak secara teratur. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, Sobat Fakta Raya!