Tue. Jul 16th, 2024

Hello Sobat Fakta Raya, apakah kamu pernah kehilangan kontak penting di HP Oppo-mu? Jangan khawatir, kamu tidak sendirian. Banyak orang mengalami kejadian yang sama. Namun, tahukah kamu bahwa kontak yang terhapus masih bisa diambil kembali? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara mengembalikan kontak yang terhapus di HP Oppo-mu.

Backup Kontak

Sebelum membahas cara mengembalikan kontak yang terhapus, penting untuk melakukan backup kontak secara teratur. Backup kontak adalah cara terbaik untuk menghindari kehilangan data penting seperti kontak. HP Oppo menyediakan fitur backup kontak yang dapat kamu gunakan. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu membuka aplikasi Kontak, lalu pilih opsi Backup dan Restore. Selanjutnya, ikuti instruksi yang muncul di layar.

Mengambil Kontak dari Akun Google

HP Oppo kamu terhubung dengan akun Google? Jika iya, kamu masih bisa mengambil kontak yang terhapus dari akun Google. Caranya, buka aplikasi Kontak, lalu pilih opsi Pengaturan. Selanjutnya, pilih Akun dan pilih akun Google yang terhubung dengan HP Oppo-mu. Aktifkan opsi Sinkronisasi Kontak, maka kontak yang terhapus akan muncul kembali di HP Oppo-mu.

Menggunakan Aplikasi Pemulihan Kontak

Jika kamu tidak melakukan backup kontak dan tidak terhubung dengan akun Google, kamu masih bisa menggunakan aplikasi pemulihan kontak untuk mengembalikan kontak yang terhapus di HP Oppo-mu. Ada banyak aplikasi pemulihan kontak yang tersedia di Google Play Store, seperti EaseUS MobiSaver, Recuva, dan Dumpster. Cara kerjanya sama, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi pemulihan kontak, lalu memilih opsi Pemulihan Kontak. Ikuti instruksi yang muncul di layar, maka kontak yang terhapus akan muncul kembali di HP Oppo-mu.

Menggunakan Aplikasi Backup Kontak

Selain aplikasi pemulihan kontak, ada juga aplikasi backup kontak yang dapat kamu gunakan untuk mengembalikan kontak yang terhapus di HP Oppo-mu. Beberapa aplikasi backup kontak yang populer antara lain Super Backup & Restore, My Contacts Backup, dan Contacts Backup & Restore. Cara kerjanya sama, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi backup kontak yang kamu inginkan, lalu memilih opsi Restore. Pilih file backup kontak yang kamu buat sebelumnya, maka kontak yang terhapus akan muncul kembali di HP Oppo-mu.

Menyimpan Kontak di Cloud

Jika kamu ingin lebih aman, kamu bisa menyimpan kontak di cloud. HP Oppo memiliki fitur sinkronisasi kontak ke cloud yang dapat kamu gunakan. Caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu membuka aplikasi Kontak, lalu pilih opsi Pengaturan. Selanjutnya, pilih Sinkronisasi Kontak dan pilih cloud yang ingin kamu gunakan, seperti Google Drive atau Dropbox. Dengan menyimpan kontak di cloud, kamu tidak perlu khawatir kehilangan data penting seperti kontak.

Menghapus Kontak dengan Aman

Untuk menghindari kehilangan kontak penting di HP Oppo-mu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat menghapus kontak. Pertama, pastikan kamu benar-benar ingin menghapus kontak tersebut. Kedua, backup kontak terlebih dahulu sebelum menghapusnya. Ketiga, hindari menghapus kontak secara massal atau acak tanpa melakukan backup terlebih dahulu. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat menghapus kontak dengan aman dan menghindari kehilangan data penting.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mengembalikan kontak yang terhapus di HP Oppo-mu. Kami sarankan untuk selalu melakukan backup kontak secara berkala dan menyimpan kontak di cloud untuk menghindari kehilangan data penting. Jika kamu masih mengalami kesulitan mengembalikan kontak yang terhapus, jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan HP Oppo. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah membacanya, Sobat Fakta Raya!