Tue. Jul 16th, 2024

Hello Sobat Fakta Raya, siapa yang tidak pernah mengalami kehilangan nomor telepon pada perangkat android? Tentu saja, hal ini sangat menjengkelkan dan membuat kita merasa kehilangan kontak penting yang kita miliki. Namun, jangan khawatir karena dalam artikel ini, kita akan membahas cara untuk mengembalikan nomor telepon yang terhapus di android dengan mudah dan cepat.

1. Cek Google Account

Saat kalian menggunakan sistem operasi Android, nomor telepon kalian mungkin sudah tersimpan di akun Google kalian. Kalian bisa mencoba untuk masuk ke akun Google kalian di website resmi Google dan periksa apakah nomor telepon kalian tersimpan di sana.

2. Pergunakan Aplikasi Backup

Banyak aplikasi backup yang bisa kalian gunakan untuk mengembalikan nomor telepon yang terhapus. Aplikasi backup tersebut dapat disesuaikan dengan merek dan tipe perangkat android kalian. Salah satu aplikasi yang bisa kalian gunakan adalah Google Drive atau Dropbox.

3. Memindahkan Kartu SIM ke Ponsel Lain

Jika kalian memiliki kartu SIM yang terkait dengan nomor telepon kalian, coba masukkan kartu SIM tersebut ke ponsel lain dan periksa apakah nomor telepon kalian tersimpan di sana. Jika ya, kalian bisa mentransfer nomor tersebut ke perangkat android kalian.

4. Gunakan Aplikasi Recovery

Jika kalian tidak menggunakan aplikasi backup atau tidak tersedia di perangkat kalian, jangan khawatir karena masih ada cara lain untuk mengembalikan nomor telepon yang terhapus, yaitu dengan menggunakan aplikasi recovery. Beberapa aplikasi yang bisa kalian gunakan adalah Dr.Fone, EaseUS MobiSaver atau Undeleter.

5. Hubungi Operator Seluler

Jika kalian masih tidak berhasil mengembalikan nomor telepon yang terhapus, kalian bisa menghubungi operator seluler kalian. Operator seluler kalian dapat membantu kalian dalam mengembalikan nomor telepon yang hilang atau terhapus.

6. Backup secara Berkala

Penting untuk membackup nomor telepon kalian secara berkala, agar jika suatu saat nomor telepon kalian hilang atau terhapus, kalian masih memiliki salinannya. Kalian bisa membackup nomor telepon dengan aplikasi backup seperti Google Drive, Dropbox atau aplikasi backup lainnya.

7. Periksa Aplikasi Kontak

Cek aplikasi kontak kalian, mungkin saja nomor telepon yang hilang hanya disembunyikan atau tidak tertampil pada aplikasi kontak. Kalian bisa mencari nomor telepon tersebut dengan mencari nama atau nomor telepon di aplikasi kontak.

8. Periksa Riwayat Panggilan dan Pesan

Periksa riwayat panggilan dan pesan kalian. Mungkin saja nomor telepon yang hilang masih tersimpan di sana. Jika ditemukan, kalian bisa membackup nomor telepon tersebut dan menyimpannya di aplikasi kontak kalian.

9. Coba Gunakan Aplikasi Recovery Lain

Jika aplikasi recovery yang kalian gunakan sebelumnya tidak berhasil, kalian bisa mencoba aplikasi recovery lainnya. Beberapa aplikasi recovery yang bisa kalian gunakan adalah DiskDigger, Recuva atau Photo Recovery.

10. Periksa SIM Card

Periksa SIM card kalian, mungkin saja nomor telepon kalian masih tersimpan di sana. Jika demikian, kalian bisa memasukkan SIM card tersebut ke perangkat android kalian dan mentransfer nomor telepon tersebut.

11. Cek Akun Sosial Media

Periksa akun sosial media kalian, mungkin saja nomor telepon kalian telah terhubung dengan akun sosial media kalian. Jika iya, kalian bisa mencari nomor telepon kalian di akun sosial media tersebut.

12. Gunakan Layanan Recovery Online

Jika semua cara di atas tidak berhasil, kalian bisa mencoba layanan recovery online. Beberapa layanan recovery online yang bisa kalian gunakan adalah Recover My Files, Recuva atau DiskDigger.

13. Periksa Email

Periksa email kalian, mungkin saja nomor telepon kalian masih tersimpan di sana. Jika iya, kalian bisa mencari nomor telepon kalian di email tersebut.

14. Cari di Google Drive

Cek Google Drive kalian, mungkin saja nomor telepon kalian sudah tersimpan di sana. Jika demikian, kalian bisa mengembalikan nomor telepon tersebut ke perangkat android kalian.

15. Periksa Aplikasi Penyimpanan Lain

Periksa aplikasi penyimpanan lain kalian, mungkin saja nomor telepon kalian tersimpan di sana. Jika iya, kalian bisa membackup nomor telepon tersebut dan menyimpannya di aplikasi kontak kalian.

16. Periksa Aplikasi Email

Periksa aplikasi email kalian, mungkin saja nomor telepon kalian tersimpan di sana. Jika demikian, kalian bisa mencari email tersebut dan mengembalikan nomor telepon kalian ke perangkat android kalian.

17. Restore Sistem Operasi

Jika semua langkah di atas gagal dan kalian masih tidak dapat mengembalikan nomor telepon kalian, coba untuk melakukan restore sistem operasi di perangkat android kalian. Namun, pastikan kalian telah membackup data penting sebelum melakukan restore.

18. Gunakan Aplikasi Manager File

Gunakan aplikasi manager file kalian, seperti File Manager, untuk mencari nomor telepon yang hilang di folder sistem operasi. Beberapa nomor telepon kadang disembunyikan di folder sistem operasi dan tidak terlihat pada aplikasi kontak.

19. Cari di Website Operator Seluler

Coba cari nomor telepon kalian di website operator seluler kalian. Beberapa operator seluler menyediakan layanan untuk mengembalikan nomor telepon yang hilang atau terhapus.

20. Unduh Aplikasi Kontak Baru

Jika semua cara di atas tidak berhasil, coba untuk mengunduh aplikasi kontak baru dari Google Play Store. Aplikasi kontak baru ini mungkin bisa mendeteksi nomor telepon kalian yang hilang dan menambahkannya ke aplikasi kontak kalian.

Kesimpulan

Nomor telepon yang hilang atau terhapus pada perangkat android kalian mungkin sangat penting bagi kalian. Namun, jangan khawatir karena masih banyak cara untuk mengembalikan nomor telepon tersebut. Kalian bisa mencoba cara-cara di atas dan pastikan kalian selalu membackup nomor telepon kalian secara berkala agar tidak mengalami masalah yang sama di masa depan. Semoga artikel ini bermanfaat dan berhasil membantu kalian untuk mengembalikan nomor telepon kalian yang hilang atau terhapus.