Upin Ipin sebagai serial yang menyuguhkan cerita anak-anak memang sangat disukai. Kali ini serial yang akan dibahas adalah mengenai awal mula cerita dari kisah saudara kembar tersebut tepatnya pada episode 1. Di episode pertama yang berjudul Esok Puasa ini dihadirkan sebuah cerita menarik yang tentunya akan membuat siapa saja yang menontonnya menjadi sangat gemas terutama dengan kedua karakter si kembar tersebut.

Episode ke-1 dari serial ini diawali dengan kehadiran saudara kembar yang menginjak usia 5 tahun. Kedua anak ini tampaknya ingin tahu lebih jelas lagi mengenai apa itu puasa dan bagaimana cara menjalankannya. Oleh karena itu pada episode ini ditampilkan cerita mengenai si kembar yang menjalankan sahur bersama keluarga dan berpuasa.

Setting cerita

Cerita berawal dengan latar berupa halaman rumah Opah di sore hari. Saat itu Upin dan Ipin sedang bermain bersama dengan teman-temannya yaitu Mei-Mei dan Rajoo. Setelah adzan maghrib barulah kemudian si kakak berasik kembar tersebut pulang ke rumah. Kemudian setting cerita berlanjut ke dalam rumah yang menampilkan si kakak beradik kembar sedang makan bersama dengan Opah dan Kak Ros. Di dalam cerita ini tampak tersirat suasana kekeluargaan yang penuh dengan kehangatan. Tampak Opah dan Kak Ros yang sellau menyayangi si kembar.

Upin dan Ipin mengenal puasa

Kemudian cerita berlanjut ke adegan saat Upin dan Ipin mendengar pengumuman mengenai puasa mulai esok hari. Tentu saja kata puasa ini tak dimengerti oleh kedua anak yang masih duudk di bangku TK tersebut. Oleh kaena itu pada scene ini tampak bahwa Upin merasa bingung dengan arti kata puasa. Rasa penasaran ini pun kemudian diuangkapkan oleh Upin saat berada di meja makan. Tentunya Upin berharap agar dirinya bisa mendapatkan penjelasan dan pengertian secara lebih lagi mengenai arti kata puasa.

Opah menjelaskan arti dari puasa

Untuk menjawab rasa penasaran yang timbul dalam benak Upin maka Opah akhirnya menjelaskan makan dan arti kata dari puasa. Dalam penjelasan Opah disampaikan bahwa puasa adalah kewajiban orang Islam. Selain puasa itu merupakan perintah Tuhan rupanya dengan berpuasa maka kita bisa tahu bagaimana rasanya orang yang sedang mengalami kelaparan. Opah juga menjelaskan bahwa pada saat puasa tentunya kita semua tidak boleh makan dan tidak boleh minum sejak pagi sampai dengan petang.

Upin dan Ipin sahur pertama kali

Pada bagian akhir cerita dikisahkan bahwa kakak beradik Upin dan Ipin menjalani sahur bersama dengan Opah dan Kak Ros. Walaupun awalnya Upin dan Ipin sempat mengalami kesulitan untuk bangun di saat sahur namun pada akhirnya mereka melakukan makan sahur. Makan sahur ini dilakukannya setelah Upin dan Ipin mencium aroma ayam goreng yang dimasak oleh Kak Ros dan baru saja matang. Tak lupa Opah mengingatkan keduanya untuk membaca doa niat puasa agar puasa lancar.

Upin Ipin di episode pertama tentu akan sangat membuat penasaran bagi siapa saja yang melihatnya. Terlebih lagi di serial pertama ini disampaikan pula mengenai pentingnya mengajarkan puasa pada anak-anak sejak dini. Selain itu pada serial ini disampaikan pula mengenai pentingnya menjaga kerukunan antarumat beragama. Bahkan segala hal harus dilakukan bukan dengan kekerasan melainkan dengan kelembutan hati. Tentunya serial ini akan semakin membuat penasaran siapa saja yang melihatnya.