Air conditioner (AC) atau pendingin udara menjadi salah satu benda penting di mobil yang sering digunakan oleh para pengendara setiap hari. Ditambah lagi bagi mereka yang bertempat tinggal di daerah maupun kota dengan tingkat udara yang panas, contohnya seperti Surabaya yang padat lalu lintas dan industri. Di sana AC sudah menjadi kebutuhan primer semua pemilik mobil.

Karena begitu pentingnya fungsi AC untuk penumpang, terkadang penggunaannya justru tidak beraturan serta berlebihan dan tidak disertai dengan perawatan dan service AC mobil secara berkala. Pemakaian tersebut bisa menyebabkan kualitas AC menjadi turun. Pada umumnya AC yang mengalami masalah akan terasa lebih lama sejuk pada kabin mobil saat AC mulai dinyalakan.

Guna menghindari kondisi masalah demikian, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan saat di rumah. Simak dengan baik cara berikut untuk mengatasi masalah pada AC mobil milik anda.

 

1. Bukalah Kaca Mobil Sebelum Menghidupkan AC


Suhu ruangan yang ada di mobil biasanya lebih panas dibandingkan suhu luar. Sebab udara yang ada di dalam mobil terperangkap dan tidak bisa keluar. Oleh karenanya, anda jangan langsung masuk ke dalam mobil dan duduk di kursi jok. Buka terlebih dahulu kaca mobil kemudian nyalakan AC.

Kegiatan yang perlu anda lakukan pertama kali adalah membuka kaca mobil, kemudian putar blower ke tingkat tertinggi. Dengan begitu AC bisa bekerja dengan maksimal. Apabila mobil anda terdapat sunroof, dengan membukanya akan membuat sirkulasi udara lebih cepat mengalir dan kabin akan lebih cepat dingin.

 

2. Pengaturan Durasi saat Perjalanan Jauh


Perjalanan jauh terkadang terasa begitu membosankan. Selain karena lamanya perjalanan di dalam mobil. Hal itu bisa menyebabkan masalah pada AC karena AC menyala dalam waktu yang lama. Untuk menjaga stabilitas AC bahkan mesin mobil, sebaiknya Anda mematikannya beberapa saat sebelum melanjutkan perjalanan.

Anda jangan lupa membuka jendela mobil supaya udara di dalam mobil tidak pengap, dan sirkulasi udara mengalir dengan baik. Dengan begitu AC mobil akan istirahat sejenak dan tidak bekerja terlalu keras. Tindakan demikian bertujuan, agar AC bisa kembali prima ketika dinyalakan.

 

3. Menjaga Kebersihan Interior Mobil


Banyak pemilik mobil yang tidak menyadari pentingnya kebersihan interior mobil. Diakui atau tidak bahwa kebersihan interior mobil akan memperngaruhi kinerja AC mobil. Terlebih ketika proses pendinginan. Kabin mobil yang kotor menjadikan AC tidak lagi dingin karena tumpukan kotoran pada bagian filter. Sehingga membuat AC tersumbat.

Apabila hal tersebut terjadi, sirkulasi udara bisa dipastikan tidak lagi optimal meski AC dalam kondisi nyala. Sebab AC tidak bisa berfungsi baik karena adanya penyumbatan kotoran tadi. Masalah itu akan menjadi kendala sehingga proses pendinginan menjadi lambat.

Maka dari itu, sebaiknya selalu memperhatikan kebersihan pada kabin mobil. Utamanya karpet dan lantai dasar mobil yang jadi pijakan penumpang dan pengendara. Kabin yang bersih membuat filter AC bekerja lebih ringan dalam menyaring kotoran. Filter juga tidak akan cepat kotor.

 

4. Membersihkan Kondensor AC


Hembusan udara AC pada kondensor yang bersih akan mempercepat dingin kabin mobil dibandingkan kondensor yang kotor. Untuk membersihkannya, anda membutuhkan air untuk disemprotkan pada bagian kondensor.

Apabila menggunakan cara-cara di atas AC pada mobil anda masih terasa lama saat mendinginkan kabin, anda harus segera membawa mobil ke bengkel terpercaya untuk dicek dan servis lebih lanjut.