Tue. Jul 16th, 2024

Sudah Pernah Terjadi, Kontak HP Terhapus Setelah Reset

Hello Sobat Fakta Raya! Siapa yang tidak pernah mengalami masalah kehilangan data di ponsel? Khususnya kontak telepon, yang merupakan informasi penting yang harus selalu tersedia di ponsel. Kadang-kadang, setelah ponsel direset, kontak yang tersimpan hilang begitu saja. Hal tersebut membuat kita frustasi dan tidak tahu harus berbuat apa. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kontak yang terhapus setelah reset.

Membuka Kontak yang Telah Terhapus dari Google Drive

Jangan khawatir jika Sobat Fakta Raya sudah membackup data kontak di Google Drive sebelumnya. Karena caranya sangat mudah, kita cukup membuka aplikasi Google Drive di ponsel, lalu klik pada ikon “Kontak” di bagian menu. Setelah itu, kita bisa memilih opsi “Restore Contacts” dan pilih file backup yang ingin dipulihkan. Jika Sobat Fakta Raya tidak pernah membackup data kontak di Google Drive sebelumnya, jangan khawatir, masih ada cara lain yang bisa ditempuh.

Menggunakan Aplikasi Pengembalian Kontak

Ada beberapa aplikasi pengembalian kontak yang bisa diunduh dan dipasang di ponsel. Salah satu aplikasi tersebut adalah “EaseUS MobiSaver for Android”. Aplikasi ini gratis dan cukup mudah digunakan. Sobat Fakta Raya bisa mengunduh aplikasi tersebut dari Google Play Store dan menginstalnya di ponsel. Setelah terinstal, aplikasi bisa langsung digunakan untuk mengembalikan kontak yang terhapus setelah reset.

Kontak Terhapus Setelah Reset? Ini Solusinya

Selain itu, Sobat Fakta Raya bisa juga menggunakan aplikasi “Recuva” yang ada di laptop atau komputer. Caranya cukup mudah, Sobat Fakta Raya hanya perlu menghubungkan ponsel ke laptop atau komputer, lalu membuka aplikasi “Recuva” dan memilih “Android Phone” pada opsi “Wizard”. Setelah itu, Sobat Fakta Raya bisa memilih folder “Contact” untuk mencari kontak yang terhapus. Jangan lupa untuk menyimpan file yang ditemukan pada laptop atau komputer untuk menghindari data hilang kembali.

Backup Data Kontak Secara Berkala

Untuk menghindari kehilangan kontak di masa depan, sebaiknya Sobat Fakta Raya melakukan backup data kontak secara berkala. Hal ini sangat penting, terutama jika Sobat Fakta Raya sering melakukan reset ponsel. Caranya cukup mudah, Sobat Fakta Raya hanya perlu membuka menu “Pengaturan” di ponsel, lalu memilih “Akun Google” dan memilih “Sync Kontak”. Setelah itu, kontak di ponsel akan secara otomatis terbackup di akun Google.

Kesimpulan

Mengembalikan kontak yang terhapus setelah reset bukanlah hal yang sulit. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti menggunakan aplikasi pengembalian kontak, membuka kontak yang telah di-backup di Google Drive, dan menggunakan aplikasi “Recuva” pada laptop atau komputer. Selain itu, sangat penting untuk melakukan backup data kontak secara berkala untuk menghindari kehilangan data di masa depan. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan ponsel dan melakukan backup data secara rutin. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Fakta Raya.