Aglaonema disebut juga sri rezeki atau chinese language evergreen yang merupakan tanaman hias populer

Melakukan touchup pada rumahmu akan menjadi ide yang setiap hari rasanya luar biasa. Hal ini menjadikan siapapun identitasmu sebagai Mama merasa bahagia dan nyaman tinggal di rumah.

Salah satunya dengan tanaman hias. memadu-padankan jenis tanaman bisa menjadi kegiatan yang mengasyikan.

Begitu juga bagimu yang sudah mulai bekerja di kantor. Memiliki padanan tanaman yang beragam di sisi ruang rumah bisa menimbulkan efek ketenangan dikala pulang kerja.

Jadi, apapun identitasmu tanaman hias adalah solusi yang tak dapat ditawar. mari kita berkenalan dengan salah satu tanaman hias yang tergolong tahan banting yaitu Aglaonema.

1. Asal muasal aglaonema

Aglaonema disebut juga sri rezeki, atau chinese evergreen merupakan tanaman hias populer dari suku talas-talasan atau Araceae. Genus Aglaonema sendiri telah memiliki sekitar 30 spesies.

Habitat asli tanaman ini ada di bawah hujan tropis, tumbuh baik pada areal dengan intensitas penyinaran rendah dan juga kelembaban yang cukup tinggi.

Tanaman ini memiliki akar serabut serta batang yang tidak berkambium atau berkayu. Daunnya terlihat menyirip serta memiliki pembuluh pengangkut berupa xilem dan floem yang tersusun secara acak.

Kini berbagai aglaonema hibrida telah dikembangkan dengan penampilan tanaman yang sangat menarik dengan bermacam-macam warna, bentuk, juga ukuran daunnya sehingga berbeda dari spesies alami yang pernah dilihat sebelumnya.

2. Daunnya yang berwarma-warni menjadi daya pikat tersendiri

Beredarnya spesies hibrida membuat warna-warni daunnya kian indah dan sungguh memikat hati. Lihatlah aneka motif daunnya dan ini menjadi magnet atau daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh aglaonema.

Aglaonema jelas tanaman cantik dan menawan. Sekilas, aglaonema mirip dengan tanaman keladi. Akan tetapi, aglaonema bukanlah keladi melainkan tanaman hias yang menakjubkan.

Bukan hanya motif daunnya saja yang menyerupai batik, namun aneka ragam pencampuran warna seperti kuning, merah, hijau, merah, dan lainnya bak pelangi, membuat mata tak bosan memandangnya.

3. Tanaman yang tergolong tahan banting bila benar pemeliharaanya

Tanaman yang juga dijuluki “ratu daun” ini tahan disimpan dalam ruangan selama satu minggu tanpa dikeluarkan. Karena, aglaonema dapat mentolerir sebagian cahaya dan tumbuh baik di tempat terang.

Tanaman ini juga tak masalah jika diletakkan di ruangan kerja dengan cahaya lampu neon.

Karena sifatnya yang tahan banting itu artinya tanaman ini sangat baik untuk para pemula ataupun untuk kamu yang memiliki banyak aktivitas di luar rumah seperti bekerja di kantor.

4. Tanaman aglaonema ternyata beracun

Walaupun tanaman hias satu ini sangat cantik bin indah, nyatanya Sang Sri Rejeki ini mengandung racun Ma.

Hal ini pun telah dikonfirmasi oleh Dr Susiani Purbaningsih, DEA, dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (UI). Ia mengatakan bahwa Sri Rejeki memiliki racun pada getahnya.

Senyawa racun yang terkandung di dalam getahnya itu dipakainya untuk melawan musuh. Namun tak perlu khawatir karena tingkat racunnya termasuk ringan Ma.

5. Menambah estetika di rumah

Tanaman Aglaonema nampu menambah estetika di berbagai sisi rumahmu, oleh karena itu tanaman ini butuh perhatian dan sentuhan yang tepat agar dapat menambah estetikanya.

Bukan hanya menyiram lho Ma, tempat tumbuh sampai nutrisinya juga mesti diperhatikan. Rumah akan semakin indah karena pancaran keindahan dari aglaonema.

Selain indah, harga jualnya pun terbilang tinggi. Apalagi aglaonema hasil perkawinan stek, harganya mulai dari puluhan ribu-an rupiah hingga juta-an rupiah tergantung jenis dan keindahannya juga.

Jadi meski terkenal “badak” alias tahan banting, nyatanya kamu juga perlu merogoh kocek dalam, dan juga mengetahui cara yang tepat dalam menanam aglaonema sebelum kamu tinggalkan mereka di salah satu sudut rumahmu untuk beberapa waktu karena aktivitasmu.