Tidak terasa si buah hati sudah memasuki usia 12 bulan. Congratulations to both of you, Mom and baby! Keaktifan anak Anda akan bertambah di usia ini, dimana ia mulai menjelajahi area sekitar dengan langkah-langkah kaki kecilnya, memegang benda-benda di dekatnya untuk membantunya berjalan, dan mengambil barang-barang yang menarik perhatiannya. Di momen seperti inilah, Mom lebih baik memberi anak Anda mainan anak yang sesuai umurnya guna membuatnya fokus terhadap satu hal dan menjauhi si kecil dari bahaya seperti tidak sengaja menjatuhkan barang-barang pecah belah, mengambil kelereng yang tergeletak di lantai, dan lain-lainnya.

Namun, tidak asal sembarangan ya Mom dalam menghadiahkan si kecil mainan. Ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan dalam memilah jenis mainan anak 1 tahun.

4 Aspek pertimbangan sebelum memberikan mainan anak 1 tahun

Ada 4 aspek utama yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam memilih mainan untuk anak 1 tahun, di antaranya:

#1 Ukuran Mainan

Ukuran mainan untuk anak 1 tahun adalah salah satu aspek yang harus diperhatikan. Permainan dengan ukuran mini atau kecil sangatlah berbahaya bagi anak-anak khususnya yang masih berusia 12 bulan. Ini dikarenakan si kecil belum bisa membedakan benda mana yang boleh dan tidak boleh dimakan. Sehingga mereka pun sering memasukan benda-benda yang ditemuinya ke dalam mulut maupun hidung sebagai bentuk eksplorasi.

Oleh karena itu, Mom wajib untuk memilih jenis mainan anak 1 tahun yang ukurannya lebih besar dari mulut si buah hati. Benda tersebut harus memiliki panjang dan lebar minimal 3×6 cm. Untuk menghindari si kecil tertelan atau tersedak mainan, Anda juga disarankan untuk menjauhkannya dari sesuatu yang berbentuk bola ataupun lingkaran dengan diameter di bawah 6 cm.

Contoh mainan anak 1 tahun yang harus dihindari karena ukurannya adalah kelereng, koin, dan lego.

#2 Tekstur Mainan

Selain ukuran, tekstur juga menjadi tinjauan bagi ibu yang kelak membelikan mainan untuk anak umur 1 tahun. Mainan anak usia 1 tahun harus bertekstur lembut dan tumpul sehingga tidak akan melukai kulit si kecil dan tidak menyakitinya saat mainan tersebut tergigit.

#3 Keamanan Mainan

Selanjutnya, Mom perlu mencari tahu apakah mainan yang Anda pilih aman untuk kesehatan dan keselamatan anak. Barang-barang tersebut harus bebas atau tidak mengandung zat-zat berbahaya.

Beberapa material yang perlu dihindari saat memilih mainan anak 1 tahun adalah merkuri yang sering ditemukan pada jenis logam, timbal pada cat mainan, baterai yang mudah terbakar, dan magnet yang mudah tertelan.

#4 Warna Mainan

Aspek terakhir yang menjadi pertimbangan dalam memilih jenis mainan untuk anak 1 tahun adalah warnanya. Belilah mainan yang memiliki warna beraneka ragam dan juga cerah. Hal ini dapat membantu menstimulasi sensori visual buah hati tercinta.

Dari keempat aspek di atas, memang lebih baik apabila Mom melihat terlebih dahulu apakah mainan yang dipilih sudah berlabel SNI (Standar Nasional Indonesia) atau belum. Barang dan permainan sudah teruji aman untuk anak jika memiliki tanda SNI. Urungkan niat membeli Anda, jika mainan anak 1 tahun yang diinginkan tidak berstandar nasional.

5 Mainan yang paling cocok untuk anak berusia 1 tahun

Setelah mengenal aspek-aspek mainan untuk anak usia 1 tahun, berikut 5 contoh mainan anak 1 tahun paling recommended yang termasuk ke dalam mainan edukasi atau mainan mendidik.

#1 Busy Book

Busy Book termasuk ke dalam mainan edukasi anak 1 tahun. Busy Book adalah mainan dimana setiap halamannya berisi aktivitas-aktivitas yang dapat dipelajari atau dilakukan oleh anak-anak. Buku ini biasanya terbuat dari kain flanel dengan tekstur lembut yang sangat aman untuk bayi khususnya yang berusia 12 bulan.

Busy Book adalah jenis mainan anak 1 tahun yang mendidik dan dapat membantu si kecil untuk mengenali bentuk, tekstur, dan warna. Hal ini dapat melatih indra penglihatan, keterampilan motorik, dan kreativitas buah hati Anda. Mom dapat membuat busy book sendiri dengan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti kain flanel, jarum, gunting, dan benang. Atau membelinya di online store maupun offline store favorit Anda. Harga mainan anak 1 tahun ini mulai dari 25.000 sampai 200.000 rupiah.

#2 Bola Sensori

Mainan selanjutnya yang baik untuk diberikan kepada anak 12 bulan adalah bola sensori. Bola sensori pada umumnya memiliki tekstur bergerigi tumpul dan dapat mengeluarkan bunyi cit cit saat dipencet atau digigit. Bola sensori dapat dijadikan sebagai alat latihan sistem motorik anak. Mom dapat membeli bola sensori di supermarket terdekat maupun E-commerce langganan Anda. Range harga mainan edukasi anak 1 tahun berikut yakni sekitar 35.000 sampai 150.000 rupiah.

#3 Mainan Balok

Mainan balok berbahan dasar kayu dengan bentuk balok ini memiliki tekstur halus. Wooden brick atau balok kayu aman untuk dimainkan oleh anak berusia 12 bulan. Selain tidak bisa dimasukkan ke dalam mulut, mainan berikut juga ringan. Sehingga, Mom tidak perlu khawatir apabila anak Anda tertimpa balok mainan berikut, karena permainan balok kayu tidak seperti kayu pada umumnya. Ibu bisa mendapatkan mainan anak 1 tahun berbahan kayu ini di mall terdekat dengan harga mulai dari 56.000 sampai 200.000 rupiah.

#4 Mainan Rattle

Mainan rattle adalah jenis mainan anak kecil yang bisa berbunyi dan memiliki banyak warna. Rattle sebenarnya adalah mainan gigitan untuk merangsang tumbuhnya gigi yang memiliki beberapa jenis seperti rattle stick, gelang tangan rattle, gelang kaki rattle, rattle ball, dan gantungan rattle. Namun, walaupun termasuk ke dalam jenis permainan gigitan, rattle juga memiliki fungsi lain yaitu melatih fokus, indra penglihatan, dan kemampuan motorik. Sehingga cocok untuk dimainkan anak usia 12 bulan. Harga mainan edukasi yang satu ini berkisar dari 15.000 sampai 110.000 rupiah. Mainan rattle dijual di toko-toko mainan bayi online dan offline.

#5 Sensory Board

Sensory board adalah papan yang berisikan benda-benda dengan bermacam tekstur untuk memperkenalkan si kecil terhadap sesuatu di sekitarnya. Sensory board tidak hanya papan, tetapi juga dapat berbentuk cube atau kubus dan pad atau bantalan.

Tujuan dari mainan anak 1 tahun ini adalah untuk memberi si buah hati pengalaman sensori mulai dari menyentuh, mencium,merasakan, dan melihat. Kegiatan-kegiatan tersebut termasuk ke dalam aktivitas eksplorasi yang aman untuk si kecil yang baru berusia 12 bulan. Hal tersebut juga dapat membantu anak Anda untuk belajar memanfaatkan panca inderanya. Jean Piaget, psikolog dari Swiss, berkata bahwa kelima indera yaitu peraba, penciuman, pengecap, pendengaran dan penglihatan memiliki peran yang penting dalam tumbuh kembang anak.

Harga sensory board sebagai mainan edukasi anak 1 tahun berikut berkisar dari 150.000 sampai 300.000 rupiah.

Manfaat mainan anak 1 tahun

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa mainan dapat melatih sistem motorik dan sensorik anak, selain itu kelima alat indera juga akan terlatih melalui mainan – mainan edukasi anak 1 tahun tersebut.

Manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari mainan anak adalah membantu perkembangan emosional si kecil. Contohnya seperti saat buah hati bermain mainan balok, ia akan mengalami sedikit kesusahan dalam menggenggam balok tersebut karena ukuran tangan yang kecil. Di momen itulah rasa kesabarannya akan teruji. Ia akan berusaha sampai akhirnya mampu menggenggam benda yang diinginkan. Dalam artian lain, dalam kegiatan bermain balok, anak Anda telah berhasil mengontrol emosinya dan lebih memilih untuk bersabar.

Selanjutnya, mainan ternyata juga dapat mempererat ikatan anak dan Mom, lho. Kenapa bisa? Karena Mom pasti akan menemani dan ikut si kecil bermain untuk mengontrol perilakunya. Tanpa Mom sadari, hal ini dapat meningkatkan bonding antara ibu dan anak.

Manfaat mainan yang terakhir ialah menghindari si kecil dari rasa bosan dan menjadikannya lebih semangat. Permainan dengan warna yang cerah dapat menarik perhatian anak-anak. Sehingga, untuk sementara waktu ia akan sibuk dengan urusannya bersama mainan, dan rasa bosan pun hilang.

Kesimpulan

Memilih mainan untuk anak 1 tahun tidaklah mudah karena harus memperhatikan aspek-aspek seperti ukuran, tekstur, keamanan, dan warna yang sesuai dengan usia buah hati. Apabila mainan dibeli secara sembarangan tanpa melihat 4 aspek yang telah disebutkan tadi, maka bisa saja anak Anda akan terkena efek buruk dari mainan seperti terpapar merkuri (dari logam) dan timbal (dari cat) yang dapat mengganggu perkembangan si kecil. Oleh karena itu, pilihlah jenis mainan edukasi anak 1 tahun yang berjenis busy book, bola sensori, mainan balok, mainan rattle, dan sensory board dengan label SNI.