Ingin punya peliharaan yang mudah dipelihara dan minim perawatan? Yuk, coba pelihara ikan hias di rumah. Ada banyak jenisnya, lho.

Bingung ingin memiliki hewan peliharaan yang tergolong mudah dirawat? Coba saja memelihara ikan hias air tawar? Selain cantik, memelihara ikan hias air tawar dalam rumah bisa sekaligus membuat rumah menjadi nyaman dan cantik, lho.

Namun, sebagai pemula, tidak ada salahnya memilih ikan hias air tawar yang tergolong mudah untuk dirawat. Ada beberapa jenis ikan hias air tawar yang bisa Mama Papa pilih. Berikut ini 5 jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara dalam akuarium:

Ikan hias air tawar
Ikan Koki

Ikan hias yang pertama adalah ikan koki. Jenis ikan yang satu ini memang cukup familiar bagi pecinta ikan. Ikan koki cukup mudah dirawat dan tidak menguras kantong. Ditambah lagi, ikan koki memiliki warna cerah dan perut buncit yang menggemaskan. Tentunya bentuk yang menggemaskan ini juga akan menarik perhatian si kecil, deh.

Ikan Molly

Ingin ikan yang menggemaskan lainnya? Coba pilih ikan molly atau ikan balon. Iyaa, nama cukup unik karena memang bentuk perutnya yang buncit seperti balon. Untuk jenis ikan ini sangat cocok buat Mama Papa yang masih newbie dalam hal ikan-ikanan. Sifatnya juga jinak dan suka bergerombol. Pokoknya gemas, deh!

Ikan Koi

Meskipun namanya mirip, namun bukan berarti mereka sama, ya. Rekomendasi ikan hias yang mudah dipelihara selanjutnya adalah ikan koi. Ikan ini sangat populer di kalangan pecinta ikan. Biasanya, pecinta ikan akan memelihara ikan koi di dalam kolam. Namun, kalau Mama Papa ingin memeliharanya di dalam akuarium juga bisa, kok.

Ikan hias air tawar
Ikan Cupang

Siapa sih, yang nggak kenal jenis ikan yang saat ini masih menjadi primadona? Yaap, ini adalah ikan cupang. Perawatannya mudah, bentuknya mini, hingga tidak memerlukan banyak biaya menjadi alasan ikan ini masih menjadi idola. Eh, tapi jangan pernah menggabungkan ikan cupang dalam satu akuarium, ya, karena akan memancing pertengkaran.

Ikan Guppy

Kalau mendengar namanya, menurut Mama Papa bagaimana tampilan ikan ini? Gendut dan bulat? Salah, bentukmya kecil dan memiliki bentuk sirip yang cantik. Ukurannya juga sangat menggemaskan, yaitu hanya sekitar 2,5-5 cm bergantung jenisnya. Bisa dibilang, ini adalah salah satu jenis ikan terbaik yang cocok dipelihara di akuarium kecil.

Nah, itu adalah beberapa jenis ikan hias yang minim perawatan dan mudah dipelihara. Tertarik sama yang mana?