Thu. Jul 18th, 2024

Hello Sobat Fakta Raya! Seringkali kita menghapus kontak di ponsel karena berbagai alasan, misalnya karena nomor tersebut sudah tidak digunakan lagi atau karena ingin membersihkan daftar kontak yang sudah tidak terpakai. Namun, terkadang kita lupa bahwa nomor tersebut masih dibutuhkan dan ingin mengembalikan kontak tersebut. Nah, apakah ada cara mencari kontak hp yang sudah dihapus? Simak artikel ini untuk mengetahui jawabannya!

Menggunakan Backup Kontak HP

Jika Anda sering melakukan backup kontak hp ke akun Google atau akun lainnya, maka mencari kontak yang sudah dihapus akan menjadi lebih mudah. Caranya cukup dengan memeriksa backup kontak yang telah Anda lakukan pada akun tersebut. Buka aplikasi Kontak pada ponsel Anda dan pilih opsi Impor/ekspor. Selanjutnya, pilih Impor dari akun dan pilih akun Google atau akun lainnya yang telah Anda gunakan untuk melakukan backup kontak hp. Setelah itu, Anda dapat mencari kontak yang sudah dihapus di antara kontak yang terdapat pada backup tersebut.

Menggunakan Aplikasi Recovery Kontak

Jika Anda belum pernah melakukan backup kontak hp atau backup yang dilakukan tidak lengkap, maka cara lain untuk mencari kontak yang sudah dihapus adalah dengan menggunakan aplikasi recovery kontak. Aplikasi ini dapat membantu Anda untuk mencari dan mengembalikan kontak yang sudah dihapus. Beberapa aplikasi recovery kontak yang bisa Anda gunakan, antara lain Dr.Fone, PhoneRescue, dan FonePaw Android Data Recovery. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut, buka aplikasi dan pilih opsi Recovery Kontak. Aplikasi akan mencari kontak yang sudah dihapus pada memori ponsel dan menampilkan hasil pencarian tersebut.

Menggunakan Aplikasi Backup Kontak

Jika Anda belum melakukan backup kontak sebelumnya, maka cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi backup kontak. Aplikasi backup kontak akan membantu Anda untuk membuat backup kontak hp secara mudah dan cepat. Beberapa aplikasi backup kontak yang bisa Anda gunakan, antara lain Super Backup, My Contacts Backup, dan Backup Your Mobile. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut, buka aplikasi dan pilih opsi Backup Kontak. Aplikasi akan membuat backup kontak hp dan Anda dapat mencari kontak yang sudah dihapus di antara kontak yang terdapat pada backup tersebut.

Menggunakan Fitur Undelete pada Ponsel

Selain menggunakan aplikasi recovery kontak atau backup kontak, ponsel juga memiliki fitur undelete yang dapat membantu Anda untuk mencari kontak yang sudah dihapus. Fitur undelete ini terdapat pada beberapa ponsel Android, seperti Samsung Galaxy dan Xiaomi. Caranya cukup dengan membuka aplikasi Kontak pada ponsel dan pilih opsi Pengaturan. Selanjutnya, pilih opsi Kontak yang Dihapus dan pilih kontak yang ingin dikembalikan. Pilih opsi Pulihkan dan kontak tersebut akan kembali muncul pada daftar kontak Anda.

Cara Mencari Kontak HP yang Sudah Dihapus dengan Cepat

Jika Anda ingin mencari kontak hp yang sudah dihapus dengan cepat dan mudah, maka dapat menggunakan cara berikut ini:

  1. Buka aplikasi Google Drive pada ponsel dan pilih opsi Buat. Pilih opsi Dokumen kosong dan beri nama dokumen tersebut dengan nama yang mudah diingat.
  2. Tuliskan beberapa informasi kontak yang Anda ingat, seperti nama, nomor telepon, alamat, atau email pada dokumen tersebut.
  3. Setelah itu, simpan dokumen tersebut dan tutup aplikasi Google Drive.
  4. Buka aplikasi Kontak pada ponsel dan pilih opsi Impor/ekspor. Pilih opsi Ekspor ke memori ponsel atau Ekspor ke kartu SD, tergantung dari media penyimpanan yang Anda gunakan.
  5. Buka aplikasi Excel atau Google Sheets pada ponsel dan pilih opsi Buat Dokumen Baru. Beri nama dokumen tersebut dengan nama yang mudah diingat.
  6. Pilih opsi Impor dan pilih file kontak yang telah Anda ekspor dari aplikasi Kontak. Setelah itu, data kontak tersebut akan muncul pada dokumen Excel atau Google Sheets.
  7. Gunakan fitur Filter pada dokumen Excel atau Google Sheets untuk mencari kontak yang sudah dihapus berdasarkan informasi yang Anda tuliskan pada dokumen Google Drive tadi.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah mengetahui cara mencari kontak hp yang sudah dihapus dengan beberapa cara yang mudah dan cepat. Anda dapat menggunakan cara yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk melakukan backup kontak secara rutin agar tidak kesulitan mencari kontak yang sudah dihapus di kemudian hari. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda menemukan kontak yang sudah dihapus.