Thu. Jul 18th, 2024

Hello Sobat Fakta Raya, siapa yang pernah menghapus kontak di ponselnya dan kemudian menyesal karena kehilangan nomor yang penting? Jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mengembalikan kontak yang sengaja dihapus. Simak pembahasan berikut ini!

1. Menggunakan Google Contacts

Google Contacts adalah layanan pengelolaan kontak yang disediakan oleh Google. Untuk mengembalikan kontak yang sengaja dihapus, kamu bisa menggunakan fitur Restore Contacts pada Google Contacts. Caranya cukup mudah, yaitu:

  1. Buka Google Contacts di browser ponsel atau komputer.
  2. Klik More dan pilih Restore Contacts.
  3. Pilih waktu yang diinginkan untuk mengembalikan kontak. Data kontak yang dihapus dalam waktu tersebut akan dikembalikan.
  4. Klik Restore dan tunggu proses pengembalian selesai.

Dalam beberapa waktu, kontak yang dihapus akan muncul kembali di daftar kontak ponsel kamu.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kamu tidak memiliki akun Google atau tidak ingin menggunakan layanan Google Contacts, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi pengelolaan kontak yang tersedia di Playstore atau Appstore, seperti My Contacts Backup, Simpler Contacts, atau Smart Contacts Backup.

Caranya pun cukup mudah, yaitu:

  1. Unduh dan instal aplikasi pengelolaan kontak pilihan kamu di ponsel.
  2. Buka aplikasi dan pilih opsi Restore Contacts atau Recover Deleted Contacts.
  3. Tunggu proses pengembalian selesai.

Setelah itu, kontak yang dihapus akan muncul kembali di daftar kontak ponsel kamu.

3. Menggunakan Fitur Backup Ponsel

Selain menggunakan layanan online atau aplikasi pihak ketiga, kamu juga bisa mengembalikan kontak yang dihapus menggunakan fitur backup ponsel. Fitur backup ponsel ini biasanya tersedia pada pengaturan ponsel kamu dan akan membuat salinan data ponsel secara berkala. Dengan fitur ini, kamu bisa mengembalikan kontak yang dihapus ke versi sebelumnya.

Caranya bisa bervariasi tergantung merk dan tipe ponsel kamu, namun secara umum langkah-langkahnya adalah:

  1. Buka pengaturan ponsel dan pilih opsi Backup and Restore.
  2. Pilih opsi Restore from Backup dan pilih waktu yang diinginkan.
  3. Tunggu proses pengembalian selesai.

Setelah itu, kontak yang dihapus akan muncul kembali di daftar kontak ponsel kamu.

4. Menghubungi Provider Layanan Ponsel

Jika kamu masih tidak berhasil mengembalikan kontak yang dihapus dengan cara-cara di atas, kamu bisa mencoba menghubungi provider layanan ponsel kamu. Mereka biasanya memiliki sistem backup yang lebih kompleks dan bisa membantu kamu mengembalikan kontak yang hilang.

Namun, cara ini biasanya memerlukan proses yang lebih rumit dan memakan waktu lebih lama. Selain itu, mungkin ada biaya tambahan yang harus kamu bayar. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah mencoba cara-cara di atas sebelum memutuskan untuk menghubungi provider layanan ponsel.

Kesimpulan

Mengembalikan kontak yang sengaja dihapus memang tidak mudah, namun masih ada beberapa cara yang bisa kamu coba. Mulai dari menggunakan layanan online seperti Google Contacts, aplikasi pihak ketiga, hingga fitur backup ponsel dan menghubungi provider layanan ponsel. Pastikan kamu selalu backup data kontak secara berkala agar tidak kehilangan data yang penting!