Tips Sewa Apartemen di Jakarta Pusat Murah Demi Dapat Harga di Bawah Pasaran

Semakin berkembangnya zaman mencari tempat tinggal memang menjadi agak sedikit susah. Lahan yang terbatas, membuat harga rumah pun menjadi sangat mahal. Tidak heran akhirnya banyak orang-orang yang memutuskan untuk tinggal di apartemen dibandingkan membeli rumah.

Kalau kamu termasuk orang-orang yang akhirnya memilih untuk hidup di apartemen, jangan melakukannya tanpa perencanaan yang matang ya. Baca dulu tips sewa apartemen murah di bawah ini agar kamu bisa hemat banyak dari pengeluaran membayar biaya sewa apartemen.

  1. Tentukan berapa lama akan menyewa

Sebelum menyewa apartemen pastikan dulu kamu akan tinggal di kota ini berapa lama. Apakah kamu mahasiswa yang baru masuk kuliah? Atau kamu pegawai kantoran yang sedang ditugaskan untuk jangka waktu tertentu? Atau kamu hanya berada di kota ini selama hari kerja dan akhir pekan akan selalu pulang ke kota asal?

Dari sekian banyak aktivitas itu, nantinya kamu bisa menentukan manakah yang lebih murah apakah menyewa harian, bulanan, atau tahunan. Untuk yang tiap pekan selalu pulang ke kota asal, pilihan menyewa harian biasanya akan lebih murah. Kamu bisa mendapatkan harga yang berbeda-beda untuk setiap penawaran apartemen.

Sedangkan jika kamu memang berencana untuk menetap dalam jangka waktu yang lama maka menyewa bulanan atau tahunan bisa kamu pilih. Kamu juga bisa loh meminta potongan harga kepada pemilik apartemen karena telah menyewa untuk beberapa waktu yang lama ke depan.

  1. Apartemen dengan lokasi strategis vs tidak strategis

Menyewa apartemen yang lokasinya dekat dengan aktivitas utama sehari-hari pasti akan menyenangkan. Kamu tidak butuh waktu banyak untuk mencapai lokasi sehingga bisa menghemat tenaga dan uang.

Tetapi memang biasanya apartemen di lokasi strategis pasti akan lebih mahal dibandingkan dengan yang tidak. Jika anggaran kamu terbatas, kamu bisa memilih untuk menyewa apartemen di lokasi yang tidak begitu strategis.

Tapi sebelum itu ada hal-hal yang kamu perlu perhatikan. Misalnya, berapa biaya transportasi dari apartemen ke tempat kamu beraktivitas sehari-hari. Lalu, pertimbangkan juga apakah di sekitar apartemen itu sudah banyak fasilitas eksternal seperti tempat makan, minimarket, dan sebagainya.

Jangan sampai karena lokasinya jauh dari mana-mana, waktu yang kamu gunakan juga jadi lebih banyak padahal waktu tersebut bisa kamu gunakan untuk hal lain. Waktu memang tidak bisa dinominalkan dengan uang, tetapi jangan salah waktu itu sangat berharga dan harus kamu pertimbangkan sebelum memilih apartemen.

  1. Tidak menyewa sendiri

Apa maksudnya tips sewa apartemen murah ini? Yakni cara untuk bisa menyewa dengan mencari teman yang mau menyewa apartemen bersama. Kamu bisa patungan untuk membayar uang sewa sehingga tidak terlalu berat di kantong.

 

Bagi yang tidak suka dengan orang asing maka kamu bisa menyewa apartemen bersama teman dekat atau saudara. Namun jika tidak keberatan dengan orang asing maka kamu bisa mulai memasang iklan di sosial media ataupun meminta bantuan teman mencarikan orang yang juga sama-sama ingin menyewa apartemen.

Selain bisa menghemat pengeluaran, memiliki teman di apartemen yang sama bisa membuat kamu tidak terlalu bosan jika sedang hari libur. Selain itu kalian juga bisa melakukan aktivitas bersama-sama yang dapat menambah keakraban.

  1. Cari informasi sebanyak-banyaknya

Di zaman teknologi sekarang ini mencari informasi itu sangat gampang. Jangan pernah percaya dengan informasi yang berasal dari satu sumber tetapi cek juga dari sumber-sumber lainnya.

Kamu bisa memanfaatkan situs-situs pencarian properti yang sudah banyak bertebaran. Ada yang bisa kamu gunakan langsung melalui browser dan ada juga yang harus kamu unduh terlebih dahulu melalui perangkat smartphone.

Keuntungan menggunakan situs atau aplikasi pencarian properti adalah kamu bisa menggunakan berbagai macam filter yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa filter yang bisa kamu gunakan adalah budget, lokasi, bahkan fasilitas yang ditawarkan. Dengan begini kamu juga menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu langsung ke lokasi.

Biasanya di situs ataupun aplikasi itu juga sudah terdapat rating dari pengguna sebelumnya. Ini bisa kamu jadikan juga sebagai bahan pertimbangan. Semakin banyak yang pernah menyewa maka bisa jadi tempat tersebut memang sangat bagus untuk kamu tempati.

Ini merupakan salah satu contoh yang bisa Anda jadikan acuan untuk mencari daftar sewa apartemen Jakarta Pusat dengan mengunjungi halaman ini https://www.rumah.com/apartemen-disewa/di-area-jakarta-pusat-idjk02

  1. Cek fasilitas yang ada di apartemen

Nah mungkin ini yang terkadang suka dilupakan oleh para penyewa. Karena harga sudah sesuai budget, kamu langsung saja memutuskan untuk menyewa di sana padahal mungkin ada informasi yang belum diketahui.

Salah satu informasi penting yang harus kamu ketahui misalnya apakah biaya sewa tersebut sudah termasuk dengan listrik, air, ataupun kebersihan? Lalu jika kamu ingin membawa hewan peliharaan, apakah ada biaya khusus yang harus diberikan? Jika ada kerusakan minor di apartemen siapa yang akan menanggung biayanya?

Ada informasi biaya-biaya yang mungkin belum tersampaikan dengan baik kepada kamu. Oleh karena itu kamu harus jeli dan aktif bertanya kepada pemilik apartemen. Tentunya kamu tidak mau kan mengira mendapatkan apartemen dengan harga murah eh ternyata banyak biaya-biaya tambahan yang harus kamu bayarkan.

Itulah beberapa tips sewa apartemen murah di Jakarta Pusat yang bisa kamu terapkan saat mencari apartemen yang tidak hanya pas di hati tetapi juga pas di kantong. Dengan menghemat, kamu bisa mengalokasikan uang tersebut ke hal lain yang lebih penting atau bahkan bisa menjadi dana darutat kamu. Semoga tipsnya bermanfaat ya!