Kulkas atau lemari pendingin menjadi salah satu tempat yang paling banyak digunakan untuk menyimpan bahan makanan. Pasalnya, suhu udara dingin yang ada di dalam kulkas mampu menjaga agar bahan makanan tetap terjaga kesegarannya. Selain itu bahan makanan yang disimpan dalam kulkas juga tidak mudah basi. Alasannya adalah bakteri tidak bisa berkembang biak dalam suhu udara yang sangat dingin.

Tapi tahukah kamu kalau tidak semua bahan makanan yang dimasukkan kulkas bisa tetap terjaga kesegarannya. Ada beberapa bahan makanan yang justru lebih baik disimpan di suhu ruangan untuk menjaga kesegarannya. Jika dimasukkan ke dalam kulkas justru akan membuatnya mudah busuk hingga terjadinya perubahan tekstur serta rasa yang bisa mempengaruhi kualitas bahan makanan.

Ada setidaknya lima bahan makanan yang tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas karena lebih baik disimpan di dalam ruangan terbuka atau suhu ruangan. Yuk, lihat!

1. Madu

Bahan makanan pertama yang tak perlu dimasukkan dalam kulkas adalah madu. Hal ini dikarenakam madu sangat mudah sekali mengkristal dan menyerap suhu dingin dalam kulkas sehingga tekstur madu yang akan rusak. Sebaiknya kamu menyimpan madu dalam suhu ruangan saja. Simpan madu dalam wadah kaca tertutup atau kedap udara sehingga madu lebih awet dan tahan lama. Selain itu, jauhkan dari jangkauan sinar matahari.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memang akan lebih awet jika disimpan dalam kulkas, karena bisa membuat minyak alami pada kacang tidak mudah tengik. Tapi tahukah kamu kalau kacang-kacangan mudah menyerap bau yang ada dikulkas sehingga bisa merusak cita rasanya. Jadi lebih baik kamu simpan dalam suhu ruangan. Jika ingin menyimpan kacang dalam suhu ruangan, sebaiknya simpan dalam wadah kedap udara atau wadah yang tertutup rapat dan hindari tempat yang lembab karena bisa membuat kacang mudah berjamur.

3. Kentang

Kentang juga sebaiknya tidak kamu simpan di dalam kulkas, melainkan disimpan di ruangan terbuka. Suhu dingin dan kelembaban dalam kulkas bisa membuat pati dalam kentang rusak. Kentang akan memiliki cita rasa manis tapi teksturnya akan berpasir sehingga tidak enak disantap. Sebaiknya simpan kentang dalam wadah terbuka dengan suhu ruangan. Hindari tempat yang lembab karena bisa membuat kentang mudah berjamur dan jauhkan kentang dari sinar matahari karena bisa membuat kentang mudah kisut.

4. Bawang

Selanjutnya ada bawang yang sebaiknya kamu simpan di suhu ruangan, bukan di kulkas. Menyimpan bawang di dalam kulkas bisa membuatnya mudah busuk dan lembek karena suhunya terlalu lembab. Bawang membutuhkan tempat penyimpanan terbuka dengan suhu ruangan. Tempat yang kering justru membuatnya tahan lama karena kekeringannya terjaga. Untuk bawang yang sudah dikupas atau dipotong, barulah kamu bisa menyimpannya dalam kulkas tapi harus di wadah yang tertutup rapat.

5. Saus

Terakhir ada saus, baik itu saus sambal maupun saus tomat, keduanya ini tak perlu kamu masukkan dalam kulkas. Saus mengandung cuka di dalamnya sehingga tanpa kamu masukkan dalam kulkas, saus tersebut akan tetap awet dan tidak mudah basi. Saus sambal yang disimpan dalam suhu ruangan juga akan lebih terjaga kesegaran rasa pedasnya. Tetap simpan saus dalam wadah botol kaca yang tertutup agar tidak lebih awet.

 

Sekarang kamu sudah tahu ya apa saja bahan makanan yang tak perlu kamu masukkan dalam kulkas. Jadi mulai sekarang, jangan memasukkannya lagi ke dalam kulkas ya