Tue. Jul 16th, 2024

Hello Sobat Fakta Raya! Yakin deh, pasti kamu pernah mengalami bagaimana rasanya kehilangan kontak WA, bahkan mungkin yang penting-penting. Nah, buat kamu yang sedang mengalami hal serupa, jangan panik ya! Karena kali ini aku akan memberikan tips mudah untuk pulihkan kontak WA yang hilang.

Langkah Awal: Cek Pengaturan Akun

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa dan mengatur ulang pengaturan akun di WA kamu. Klik tiga titik di pojok kanan atas aplikasi WA dan pilih “Pengaturan”. Selanjutnya, pilih “Akun” dan verifikasi nomor telepon kamu. Pastikan nomor teleponmu aktif dan terhubung dengan jaringan internet yang stabil.

Jika nomor teleponmu sudah terverifikasi, cek juga apakah kamu masih terhubung dengan akun Google kamu. Klik “Akun Google” di bagian “Pengaturan Akun” untuk memeriksa.

Memulihkan Kontak WA dari Cadangan

Jika kamu telah mengatur ulang pengaturan akun WA, namun kontakmu masih belum muncul, maka kemungkinan kontakmu tersimpan di cadangan. Untuk memulihkan kontakmu dari cadangan, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik tiga titik di pojok kanan atas aplikasi WA dan pilih “Pengaturan”.
  2. Pilih “Chat Backup”.
  3. Pilih “Backup Now” untuk mencadangkan data chat WA kamu.
  4. Jika kamu sudah mencadangkan data chat kamu sebelumnya, pilih “Restore” untuk memulihkan data chatmu.
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses pemulihan selesai.

Menambahkan Kontak WA dengan Nomor Telepon

Jika kamu masih belum berhasil pulihkan kontakmu di WA, cobalah menambahkan nomor telepon kontakmu secara manual. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu melakukan langkah berikut:

  1. Klik ikon “Pesan Baru” di sudut kanan bawah aplikasi WA.
  2. Pilih “Kontak” dan klik ikon “Tambah Kontak” di pojok kanan atas.
  3. Masukkan nama dan nomor telepon kontakmu secara manual.
  4. Klik “Simpan” dan kontakmu akan ditambahkan ke daftar kontak WA kamu.

Memulihkan Kontak dari File Cadangan

Jika kamu telah mencadangkan kontakmu sebelumnya, kamu juga bisa memulihkan kontakmu dari file cadangan. Kamu bisa menyimpan file cadangan kontakmu di Google Drive atau memindahkannya ke perangkat lain.

  1. Klik tiga titik di pojok kanan atas aplikasi WA dan pilih “Pengaturan”.
  2. Pilih “Chat Backup”.
  3. Pilih “Backup Now” untuk mencadangkan data chat WA kamu.
  4. Pilih “Export Chat” untuk mengunduh file cadangan kontakmu.
  5. Simpan file cadanganmu di Google Drive atau pindahkan ke perangkat lain.
  6. Jika kamu ingin memulihkan kontakmu dari file cadangan, klik “Import Chat” dan pilih file cadanganmu.
  7. Tunggu beberapa saat hingga proses pemulihan selesai.

Menghubungi Layanan Bantuan WA

Jika semua langkah di atas masih belum berhasil memulihkan kontakmu, kamu bisa menghubungi layanan bantuan WA. Kamu bisa menghubungi mereka melalui aplikasi WA atau melalui laman resmi mereka di internet. Sampaikan masalahmu secara detail dan tunggu balasan dari mereka.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa cara mudah untuk pulihkan kontak WA yang hilang. Pastikan kamu mengatur ulang pengaturan akunmu terlebih dahulu, mencadangkan data chat, dan menambahkan nomor kontak secara manual. Jika masih belum berhasil, cobalah menghubungi layanan bantuan WA. Semoga artikel ini bermanfaat dan berhasil membantumu memulihkan kontakmu di WA. Terima kasih sudah membaca, Sobat Fakta Raya!