Pidato tentang kesehatan biasanya disampaikan di sekolah maupun instansi dan perusahaan swasta. Pidato ini juga biasa disampaikan di acara kesehatan yang berada di pusat kota.

Dalam pidato ini sebagian isinya menyampaikan tentang kesehatan. Baik dari bagaimana cara menjaganya sampai dampak-dampak berbahaya bagi kesehatan. Hal ini perlu dilakukan mengingat masyarakat jarang memperhatikan kesehatan mereka.

Selain itu, pidato ini bertujuan mengajak masyarakat untuk lebih mementingkan kesehatan yang bernilai mahal ini. Bukan hanya untuk saat ini namun untuk masa depan yang lebih baik.

Ada beberapa contoh pidato tentang kesehatan yang biasa didengar oleh masyarakat luas. Berikut beberapa contoh pidato yang bisa disampaikan kepada masyarakat.

1. Pidato Tentang Kesehatan Mata

Pidato ini mengangkat tema kesehatan mata dimana mata adalah organ paling rawan dari tubuh manusia. Mata adalah organ penting yang harus dijaga oleh setiap manusia. Pidato ini biasa disampaikan ketika di pusat kesehatan.

Contoh :

Selamat pagi. Salam sejahtera saya ucapkan untuk kita semua. Pada hari ini, saya akan menyampaikan sedikit pidato yang membahas mengenai kesehatan. Semua manusia pasti ingin sehat. Semua manusia pasti ingin memiliki umur panjang, bukan.

Kesehatan ini harus dijaga dari semua bagian di dalam tubuh. Baik yang terlihat maupun tidak. Dampak buruknya akan sama saja terasa nya. Memang tidak cepat, namun perlahan dampak itu akan terasa bagi tubuh.

Kali ini, kesehatan yang akan kita bahas adalah tentang mata. mata merupakan organ penting dimana mata adalah organ yang kita gunakan untuk melihat berbagai macam di dunia ini.

Sebagai jendela dunia, mata adalah organ yang harus dijaga kesehatannya. Masa kini, kesehatan mata mulai jarang diperhatikan masyarakat. Kerusakan mata mulai banyak dialami manusia bahkan anak dibawah umur.

Penyebabnya, pemakaian gadget yang berlebihan serta mengabaikan penjagaan mata ketika terkena debu. Hal ini terlihat sepele namun dapat berdampak buruk bagi kesehatan mata.

Salah satu contohnya, ketika memainkan gadget yang minim cahaya. Biasanya ini terjadi pada kisaran umur 15 hingga 20 tahun keatas. Hal ini harus nya dihindari mengingat cahaya dari gadget yang lumayan berbahaya.

Cahaya biru yang memantul dari gadget akan berdampak buruk pada mata jika dilakukan ketika keadaan gelap. Mata yang dalam keadaan tidak siap menerima cahaya akan menyesuaikan pandangan dengan cahaya yang diterima.

Jika hal ini terus berulang, maka akan terjadi kerusakan mata seperti silinder ataupun rabun mata. bukan tanpa sebab, mata harusnya akan bersifat elastis ketika menerima cahaya.

Namun hal itu dapat berkurang seiring dengan penjagaan mata yang minim. Selain itu, kerusakan mata juga dapat dikarenakan oleh polusi. Hal ini sudah umum terjadi di Indonesia mengingat kadar polusinya yang lumayan tinggi.

Polusi dapat menyebabkan mata berair dan gatal serta kemerahan. Jika dianggap remeh dan hanya dilakukan pengusapan mata ketika gatal, maka debu yang menempel dapat merusak kornea mata.

Kerusakan yang dapat terjadi pada mata adalah kebutaan. Hal ini cukup parah mengingat banyaknya masyarakat yang menganggap enteng masalah ini. Seharusnya dilakukan perawatan khusus pada mata pada beberapa kali dalam seminggu.

Seperti pencucian mata dengan obat khusus mata ataupun memeriksakannya pada dokter mata. hal ini haruslah rutin dilakukan karena mata adalah organ yang rawan akan kerusakan. Sehingga memerlukan perhatian khusus.

Kurangi juga penggunaan gadget dan membaca dalam cahaya minim. Ini merupakan pencegahan agar mata dapat mempertahankan keelastisannya dalam menerima cahaya. Sehingga dapat berfungsi dengan baik.

Saya kira cukup sampai disini saja pidato yang saya sampaikan. Untuk pemeriksaan dapat langsung dilakukan mulai hari Senin, Rabu dan Jumat dengan menemui dokter terkait dan pengobatan tidak dipungut biaya.

Sekian dan terima kasih.

2. Pidato Tentang Kesehatan Jantung

Pidato ini berisi tentang kesehatan jantung. Biasanya akan disampaikan di acara kesehatan seperti Jalan Sehat dan sebagainya. Pidato ini akan disampaikan berbarengan dengan kampanye kesehatan lainnya.

Contoh :

Selamat pagi. Salam sejahtera saya ucapkan untuk kita semua. Pada pagi hari ini kita akan memulai jalan sehat sebagai rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional.

Sebagaimana yang kita tahu, kesehatan merupakan hal terpenting dan hak wajib yang harus dimiliki setiap lapisan masyarakat. Setiap masyarakat dapat menerima fasilitas kesehatan dimanapun dan kapanpun.

Kegiatan kali ini adalah Jalan Sehat Bersama yang dilakukan untuk menyehatkan jantung kita. Jantung adalah organ penting yang memompa darah pada seluruh tubuh. Dimana ketika jantung mengalami kerusakan, maka manusia akan jatuh sakit.

Jantung seringkali mengalami tekanan ketika manusia memaksakan system kerjanya. Seperti memaksakan olahraga terlalu keras ataupun melakukan latihan yang berlebihan. Hal ini dapat memicu serangan jantung mendadak.

Mengapa? Karena jantung tidak mampu menerima beban yang terlalu berat. Hal ini haruslah diperhatikan oleh masing-masing manusia karena setiap orang mengalami kapasitasnya sendiri.

Jantung juga seringkali melemah ketika jarang dibawa untuk hidup sehat. Semisal, dengan merokok dan minuman keras dan jarang berolahraga maka jantung akan mengalami kelemahan.

Kesehatan jantung dapat dilakukan dengan mudah. Tidak perlu memakan biaya besar. Cukup dengan berjalan kaki selama 15 menit setiap hari atau olahraga ringan selama 10 menit. Jantung akan terbiasa dengan aktivitas olahraga yang dilakukan.

Namun, jangan dilupakan tentang kapasitas kekuatan jantung masing-masing individu. Jika tidak terbiasa berolahraga lama dapat melakukan olahraga yang ringan namun dapat menyehatkan tubuh.

Saya rasa mungkin cukup sampai disini pidato yang saya sampaikan. Mohon maaf jika ada kesalahan pada diri saya. Kepada Tuhan saya memohon ampun. Mari kita mulai acara Jalan Sehat ini. Sekian dan terima kasih.

3. Pidato Tentang Kesehatan Mental

Pidato ini dilakukan sebagai penyuluhan kesehatan psychological. Biasanya dilakukan di beberapa pusat kesehatan namun terkadang disampaikan di rumah sakit khusus mental. Tujuannya adalah meningkatkan rasa waspada terhadap bahaya sakit mental.

Contoh :

Selamat pagi dan salam sejahtera saya ucapkan untuk kita semua.

Pagi ini kita akan membahas tentang kesehatan mental. Terutama pada remaja. Tentu saja hal ini masih terdengar asing karena pembahasan ini belum umum di telinga masyarakat. Padahal hal ini lumayan penting untuk para remaja.

Remaja yang sedang mengalami proses pengalihan dari fase anak-anak menuju dewasa akan mengalami banyak perubahan. Perubahan tersebut dapat melalui fisik, hormone, perilaku kognitif, emosi dan kecerdasan.

Sebenarnya, masalah ini akan mudah diatasi jika remaja dan lingkungan sekitar menyadari beberapa perubahan yang terjadi pada remaja tersebut. Beberapa perubahan begitu terlihat pada remaja yang memiliki masalah mental.

Seperti, perubahan temper, anti-sosial, penurunan nilai akademis, berubahnya intensitas makan, perubahan jam tidur, hilangnya minat pada diri, mudah marah dan lain sebagainya. Penyebab ini merupakan penyebab umum yang terlihat.

Beberapa tempat sudah menyediakan konsultasi psikologi on-line. Sehingga para remaja yang mengalami masalah ataupun memiliki gangguan kecemasan berlebihan dapat berkonsultasi secara aman serta tidak perlu malu.

Hindari kekerasan dan pertikaian pada teman, perbanyak ibadah, perluas hobi, memiliki kehidupan sosial yang baik, memiliki companion atau keluarga yang bersedia membantu jika mengalami masalah.

Saya rasa cukup sekian pidato saya hari ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

4. Pidato Tentang Kesehatan Kuku

Pidato ini menyangkut tentang kesehatan kuku yang seringkali diremehkan oleh kebanyakan orang namun pada kenyataannya termasuk hal penting yang harus diperhatikan.

Contoh :

Selamat pagi dan salam sejahtera saya ucapkan untuk kita semua. Hari ini saya akan membahas tentang pentingnya menjaga kesehatan kuku. Seperti yang kita tahu, jika kuku adalah organ yang ada di tangan kita.

Berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit kita serta menjadi penyaring debu yang masuk ke sela kulit ari. Banyak yang tidak memperhatikan kuku dan kesehatannya. Cara penjagaannya sebenarnya cukup mudah.

Dengan memotong kuku tangan setiap seminggu sekali dan memotong kuku kaki setiap 2 minggu sekali. Hal ini akan memperlancar pertumbuhan dan mempersehat kuku setiap harinya.

Lalu, dengan cara mencuci tangan juga dapat membuat kuku menjadi lebih sehat. Karena pada dasarnya, ketika kita mencuci tangan maka kita juga akan mencuci sela-sela kuku kita agar tidak kotor.

Namun, saat ini masyarakat sudah kurang memperhatikan kesehatan kuku. Mengabaikan kesehatan kuku dengan pemakaian zat yang keras pada kuku akan memperburuk kondisi kuku. Lambat laun lapisan kuku akan rusak dan menyebabkan penyakit lain yang lebih serius.

Dengan menjaga kesehatan kuku, manusia akan terhindar dari penyakit yang serius maka jangan remehkan kesehatan organ tubuh yang satu ini. Saya rasa sekian pidato ini saya sampaikan. Mohon maaf bila ada salah kata. Terima kasih.

5. Pidato Tentang Kesehatan Tangan

Pidato yang terakhir adalah mengangkat tema tentang kesehatan tangan. Tangan merupakan organ tubuh yang sangat banyak melakukan aktivitas. Dan seringkali kesehatan tangan diabaikan begitu saja.

Contoh :

Selamat pagi dan salam sejahtera saya ucapkan untuk kita semua.

Pada pagi hari ini, saya akan membahas tentang pentingnya menjaga kesehatan tangan. Seperti yang kita ketahui jika tangan melakukan banyak aktivitas diluar ruangan daripada anggota tubuh yang lain.

Kesehatan tangan dapat terjaga dengan mencuci tangan setiap habis melakukan kegiatan. Mencucinya pun harus dengan sabun khusus tangan agar kulit tidak terasa panas. Cara mencuci tangannya pun harus benar agar kebersihannya maksimal.

Kesehatan tangan sudah mulai jarang diperhatikan orang. oleh karena itu, dengan membiasakan diri sejak dini untuk menjaga kesehatan tangan, maka masyarakat akan terbebas dari penyakit yang mungkin saja akan timbul.

Jaman sekarang, menjaga kesehatan tangan tidak hanya dengan menggunakan sabun sebagai alat untuk mencuci tangan. Namun, dapat juga memakai cairan antiseptic untuk menjaga kebersihannya.

Cairan ini tergolong aman untuk pH kulit sehingga tidak menimbulkan iritasi atau reaksi berlebihan jika terlalu sering dipakai. Dengan memakainya sebagai pengganti sabun cuci tangan, dapat menjadi alternatif menjaga kesehatan tangan yang efektif.

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan, apabila ada salah kata saya mohon maaf. Kepada Tuhan saya memohon ampun. Terima kasih. Selamat pagi.

Itulah beberapa contoh dari pidato yang berisi tentang kesehatan. Kesehatan merupakan hal penting yang harus dijaga oleh setiap manusia. Dengan menjaga kesehatan, manusia dapat memiliki kehidupan yang lebih baik dan umur yang panjang.

Selain itu, kesehatan juga akan mempermudah masyarakat untuk melakukan kegiatannya. Dengan menjaga kesehatan, itu artinya setiap manusia telah bersyukur pada anugerah yang diberi Tuhan kepadanya.