ingin memelihara binatang tetapi ingin kondisi kamar atau rumah tetap bersih? Memelihara ikan dalam akuarium bisa jadi salah satu solusi loh. 

Nah, ikan hias air tawar mungkin dapat jadi pilihan untuk para yang baru terjun ke dalam dunia pemeliharaan ikan. Karena perawatan nya lebih mudah dan tentunya biaya yang dikeluarkan pun akan lebih murah jika dibandingkan dengan memelihara ikan hias air laut.

Berikut ini  rangkum jenis-jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara untuk pemula:

1. Cupang

Siapa yang tidak tahu ikan hias air tawar yang satu ini? Cupang banyak digemari karena memiliki beberapa kelebihan. Ikan ini sangat mudah untuk dipelihara, bahkan jika hanya bermodalkan botol kecil dan air saja ikan ini tetap bisa hidup loh. Kelebihan lainnya, ikan ini memiliki variasi warna yang bermacam-macam, serta bentuk sirip dan ekor yang menjuntai indah.

Namun, karena sifatnya yang agresif dan ganas, ikan ini tidak cocok jika harus berbagi tempat dengan ikan yang lain, bahkan dengan sesamanya pastikan  memisahkan ikan ini satu ekor per botol atau akuarium kecil.

Soal makanan,  bisa memberikan jentik-jentik nyamuk, cacing dara, ataupun cacing rambut yang merupakan panganan kesukaan dari ikan cupang ini.

2. Guppy

Ikan guppy merupakan jenis ikan yang paling sering dipelihara di akuarium oleh anak kost, karena ikan guppy termasuk salah satu ikan yang mudah dipelihara terutama karena harganya yang murah.

Ikan Guppy bisa ditemui di beberapa kawasan Asia Tenggara, Indonesia salah satunya. Ikan guppy memiliki tubuh yang mungil yakni berukuran kurang lebih 2,5 sampai 5 sentimeter. Ikan ini juga memiliki sirip-sirip yang cantik dengan berbagai motif warna yang menarik dipandang.

Lain dengan ikan cupang, ikan hias air tawar ini termasuk ikan yang cocok jika dicampur dengan jenis ikan hias air tawar lainnya. Jika ikan guppy sudah merasa nyaman dengan lingkungannya, mereka bisa dengan mudah berkembang biak loh.

3. Neon Tetra

Ikan neon tetra adalah ikan yang memiliki variasi warna biru terang dan putih perak yang menghiasi tubuhnya yang kecil. Ikan ini biasanya akan lebih menarik jika dipelihara dalam jumlah yang banyak karena sifatnya yang berkoloni atau membentuk gerombolan. Setidaknya kamu bisa memelihara minimal 6-10 ekor.

Memberi makanan untuk jenis ikan ini juga tidak terlalu rumit kok, sebab ikan neon tetra merupakan ikan yang bersifat omnivora.

4. Molly

Ikan molly termasuk ikan air tawar yang jinak, cantik, mudah dipelihara, sekaligus mudah didapat. Hampir di setiap toko ikan pasti menjual ikan molly. Bentuknya yang kecil, gempal, dan warnanya yang bervariasi sangat cocok jika dipelihara di dalam akuarium bersama ikan-ikan kecil lainnya, karena sifatnya yang bergerombol.

Ikan ini juga memiliki daya tahan yang kuat dan mampu bertahan hidup meski tidak ada alat pompa oksigen sama sekali di dalam akuarium. Namun, tetap harus teliti akan penyediaan pakan ikan molly ya. Sebab kondisi pakan dalam akuarium harus selalu tersedia.

5. Manfish

Jenis ikan hias ini sangat mudah dipelihara karena dapat dicampur dengan jenis ikan hias lain dalam satu akuarium. Ciri-ciri bentuk tubuhnya mirip seperti layang-layang. Karena itu tak heran jika ikan manfish juga sering disebut sebagai ikan layang-layang. Karakter ikan yang bernama latin Pterophyllum scalare ini cenderung pendiam, jarang bergerak, dan tidak agresif seperti ikan kecil lainnya.