Sama dengan Bunda, si kecil juga membutuhkan makanan sehat demi menjaga kesehatan tubuhnya. Apalagi di tengah kondisi pandemi saat ini ya, Bunda.

Meski mereka seringnya berada di rumah, selain mencuci tangan dan menjaga kebersihan, asupan makanan sehat juga harus tetap diberikan secara teratur. Hal ini demi menjaga kekebalan tubuh dan kesehatan buah hati.

Mirna Sabbagh, penulis dan Ahli Gizi di myPediaclinic mengatakan bahwa kekurangan mineral, vitamin, dan protein berdampak pada respons imunologis tubuh atau kemampuan mereka menghasilkan antibodi dan melawan penyakit.

“Terlebih lagi, sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat memicu peradangan dan gangguan peradangan pada tubuh,” kata dia, dikutip dari Friday Magazine.

Nah, untuk Bunda yang belum mengetahuinya, berikut lima makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk menjaga kekebalan tubuh si kecil:

1. Ikan

Mengonsumsi ikan sangat baik untuk kesehatan si kecil lho, Bunda. Ikan kaya omega 3 yang mampu memengaruhi IQ, perkembangan otak, dan produksi neurotransmitter untuk kebahagiaan dan mencegah peradangan. Cukup dengan mengonsumsinya 2-3 kali seminggu.

2. Buah dan Sayuran

Bunda, buah ternyata kaya akan yodium dan zat besi, lho. Selain itu, buah juga mengandung antioksidan dan serat yang mampu membantu menjaga usus dan kekebalan tubuh si kecil.

3. Protein

Untuk menjaga kekebalan tubuh si kecil, mengonsumsi 30 gram protein (ayam atau sapi) atau 1 butir telur, dan 2 cangkir susu setiap harinya, sudah cukup lho, Bunda. Protein mampu meningkatkan perkembangan otot, mengatur rasa lapar, dan kepadatan serta pertumbuhan tulang. Jika si kecil kurang tertarik dengan daging, Bunda bisa menggantinya dengan kacang-kacangan seperti buncis dan quinoa.

makanan protein

4. Lemak Sehat

Bunda, minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian sangat penting karena memiliki lemak sehat yang mampu memengaruhi suasana hati, perkembangan otak, serta produksi androgen tubuh si kecil. Jadi, jangan sampai terlewat ya, Bunda.

5. Biji-bijian

Selain keempat makanan di atas, biji-bijian yang mengandung zat besi, serat, antioksidan, serta vitamin E seperti beras merah, bulgur juga sangat berperan penting dalam menjaga kekebalan tubuh si kecil.